oleh

Para Pelajar Jadi Sasaran FPTI Banjar Mencari Atlet Panjat

MARTAPURA, koranbanjar.netKompetisi panjat tebing pelajar se-Kabupaten Banjar yang bertajuk HSM Sport Climbing Fun Competition 2019 resmi dibuka oleh Ketua KONI Kabupaten Banjar Viktor Nissan Siregar, di Venue Wall Climbing FPTI Banjar, Taman Demang Lehman Martapura, Sabtu (24/8/2019).

Event yang digelar oleh Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) PC Kabupaten Banjar ini masih dalam rangkaian HUT ke-74 RI dan Hari Jadi (Harjad) ke-69 Kabupaten Banjar.

Ketua Pelaksana Gusti Yudhi menjelaskan, event ini sebagai bentuk pembinaan dari FPTI Kabupaten Banjar dengan sasaran para pelajar.

Lebih lanjut ia menjaskan, peserta berjumlah 94 kategori putra dan putri terdiri dari: 10 putra dan 11 putri SD/Sederajat, 33 putra dan 24 putri SMP/Sederajat serta 11 putra dan 5 putri SMA/Sederajat, dengan nomor tanding Lead.

Baca: Atlet Panjat Tebing FPTI Banjar Raih 7 Medali Kejurprov Kalsel

“Sasaran kegiatan ini adalah para pelajar, sebagai ajang pencarian minat dan bakat untuk menjaring bibit-bibit unggul, dan sebagai pembinaan dari FPTI Kabupaten Banjar,” tutur Yudhi.

Sementara Ketua FPTI Kabupaten Banjar dr Gusti Rivansyah mengatakan, event ini salah satu program kerja FPTI Kabupaten Banjar, yang mana mengutamakan pencarian atlet-atlet berbakat sebagai penerus tradisi emas Kabupaten Banjar.

Para Pelajar Menjadi Sasaran Pencarian Atlet Panjat Tebing.
Berfoto bersama peserta HSM Sport Climbing Fun Competition 2019.

Lebih jauh ia menjelaskan, pada pagelaran Porprov X Tabalong 2017 lalu, cabang olahraga (Cabor) panjat tebing yang terbanyak menyumbangkan medali untuk kontingen Kabupaten Banjar. Yang baru tadi, FPTI Kabupaten Banjar berhasil menyaber 7 medali di ajang Kejurprov FPTI yang digelar di Pelaihari, namun kandas setelahnya di ajang Kejurnas.

“Kita tidak ingin berpuas diri. Kita akan terus menjaring bibit-bibit berbakat melalui pembinaan dan event seperti ini. Terlebih atlet panjat tebing saat ini masih terbatas,” ujarnya.

Menurutnya, dengan diadakannya event panjat tebing ini dapat terjaring bibit berbakat yang masih ‘tersimpan’, sehingga dapat dibina untuk persiapan event panjat tebing selanjutnya, di antaranya Porprov XI 2021 di Kabupaten HSS.

Baca: Atlet Panjat Tebing FPTI Banjar Kembali Targetkan Emas di Kejurnas

Pada pembukaan HSM Sport Climbing Fun Competition 2019 ini, Wakil Bupati Banjar H Saidi Mansyur yang juga selaku sponsor utama batal berhadir, sehingga yang membuka acara digantikan oleh Ketua KONI Kabupaten Banjar Viktor Nissan Siregar.

Viktor berharap, dari 90 peserta yang mengikuti kompetisi ini dapat ditemukan atlet berbakat untuk diikut sertakan pada Porprov XI.

Para Pelajar Jadi Sasaran FPTI Banjar Mencari Atlet Panjat.,
Pemasangan poin secara simbolis di dinding panjat tebing oleh Ketua FPTI Kabupaten Banjar (kiri) dan Ketua KONI Kabupaten Banjar (kanan).

Usai pembukaan, dilakukan pemasangan poin secara simbolis oleh Ketua FPTI Kabupaten Banjar dan Ketua KONI Kabupaten Banjar.

Juga ditampilkan demo panjat tebing oleh para atlet FPTI Kabupaten Banjar di antaranya Muhammad Khaikal Azni dan Gusti Novaringga. Melihat aksi ciamik atlet para atlet mendemokan memanjat dinding, Kepala Dina Kominfo Statistik dan Persandian Kabupaten Banjar HM Farid Soufian memberikan apresiasi dengan menghadiahi mereka berupa uang secara langsung. (dra)

Baca: Meski Wall Bolder Rusak, Pemanjat Tetap Antusias Latihan Di Demang Lehman

Baca: Bupati Fikry Tak Ingin Ada Atlet Sewaan Membela HSS di Porprov XI

Komentar

Dari Rubrik Pilihan: