oleh

Tak Disangka, Di Balik Pengelolaan Alkah Mahabbah, Ternyata Ada Tempat Ini

MARTAPURA, koranbanjar.net – Komplek Pemakaman, Alkah Mahabbah yang berlokasi di Jl Sekumpul Raya, Gunung Ronggeng, Martapura, Kabupaten Banjar, mungkin sudah tidak asing di telinga masyarakat Martapura, Banjarbaru, Banjarmasin, bahkan mungkin se Kalimantan Selatan. Namun mungkin pula tidak semua masyarakat tahu, ternyata di balik pengelolaan Alkah Mahabbah yang berada di lingkungan sama, pemiliknya juga telah mendirikan destinasi wisata yang cukup nyaman dengan nama “Lesehan Di Atas Bumi.” Rumah makan ini menyediakan berbagai aneka masakan, bahkan juga menyediakan spot-spot untuk berselfie.

Dari pintu gerbang saat memasuki areal Komplek Pemakaman Mahabbah di Jl Sekumpul Raya, sebagian besar masyarakat mungkin hanya menyaksikan lokasi pemakaman atau kuburan dengan hamparan yang sangat luas. Saking luasnya, Alkah Mahabbah ini didesain dengan blok-blok dan nama berbeda-beda. Ada yanga diberi nama “Kampung Bulan”, “Seroja” dan lainnya. Di lokasi bagian belakang juga terdapat komplek pemakaman serupa dengan jumlah kapling yang tidak sedikit. Nah, menariknya di areal yang sama, pihak pengelola telah mendirikan tempat destinasi “Lesehan Di Atas Bumi” yang menyediakan makanan khas Banjar dan Jawa.

Di tempat tersebut, baik para penziarah maupun masyarakat umum dapat menikmati suasana seperti layaknya di tempat wisata lain. Di sana tersedia tempat untuk makan bersama keluarga disertai spot-spot untuk berselfie, bahkan sekarang tengah dibangun lagi dua kolam renang sebagai fasilitas pengunjung. Bukan sekadar itu, pihak pengelola juga mendirikan area bersantai dengan nama “Kantin Di Atas Angin.” Di sini pengunjung dapat menyaksikan pemandangan pegunungan, pemukiman dari ketinggian.

“Ini saya sedang membangun kolam renang, mungkin sekitar dua bulan selesai,” ungkap Pengelola Alkah Mahabbah, H Zani kepada koranbanjar.net.

Menurut dia, “Lesehan Di Atas Bumi” tak hanya dikunjungi para penziarah, tetapi juga didatangi masyarakat umum yang ingin menikmati makan siang. Sebagian besar pengunjung datang dari berbagai instansi secara rombongan. “Walaupun lokasinya di tempat ini, tetapi banyak pengunjung yang datang. Mereka mendapat informasi dari mulut ke mulut. Mungkin ketika berselfie di sini, kemudian di upload ke medsos, lalu ada temannya yang bertanya lokasi, sehingga ikut datang ke sini juga,” pungkasnya.

Nah, bagi anda yang ingin mendapatkan informasi tentang Alkah Mahabbah maupun tempat “Lesehan Di Atas Bumi” maupun “Kantin Di Atas Angin” dapat langsung datang ke lokasi yang beralamat di Jl Sekumpul Raya, Gunung Ronggeng, Martapura, Kabupaten Banjar, dengan nomor telepon 081349785133 (H Zani). (sir)

 Alkah Mahabbah Martapura

Jl. Sekumpul Raya, Gunung Ronggeng, Kec. Banjarbaru Selatan, Kota Banjar Baru, Kalimantan Selatan 70614
0813-4978-5133. Map klik DI SINI

 

Komentar

Dari Rubrik Pilihan: