Baznas

Festival Model Batik Indonesia 2021: Dua Model Cilik Tanbu Bakal Kenakan Kain Tenun Khas Pagatan

  • Bagikan
Dua model cilik di Tanah Bumbu bakal go nasional memperlihatkan golden tiket
Dua model cilik di Tanah Bumbu bakal go nasional memperlihatkan golden tiket (Foto: Ainun)

Dua model cilik asal Tanah Bumbu (Tanbu), Kalimantan Selatan bertekad menampilkan kain tenun khas daerah Pagatan di ajang perlombaan level nasional. Alasannya, agar kain daerah Bumi Bersujud ini, dikenal lebih luas lagi.

TANAH BUMBU, koranbanjar.net- Rencananya, kedua kakak beradik Ainun Zariah (16) dan Mutia Rizky Aqila (7) asal Desa Api-Api Kecamatan Kusan Tengah ini, bakal mengikuti lomba Festival Model Batik Indonesia 2021 pada Oktober mendatang yang diselenggarakan di Jakarta.

Sekadar diketahui, masing-masing keduanya menang dengan Mutia mendapatkan juara harapan satu, serta juara dua casual bebas katagori A (4-7 tahun).

Sementara Ainun juara dua lomba busana muslim Sasirangan pada lomba fashion show diadakan Komunitas Anak Banua di Hotel Grand Q Daffam Banjarbaru, Minggu (20/6/2021) lalu.

BACA:  Andin dan Guru Oton Terima Surat Keterangan Sehat

Setelah mengikuti lomba fashion show mengenakan baju sasirangan itu, keduanya mendapatkan dua golden tiket menuju Festival Model Batik Indonesia 2021.

“Peserta yang meraih juara di lomba ini secara otomatis akan mewakili Kalsel di Festival Model Batik Indonesia 2021 bulan Oktober di Jakarta,” ungkap Ainun saat ditemui koranbanjar.net.

Ainun menjelaskan, akan mengenakan khas daerahnya saat tampil nanti. Hal itu, lantaran dirinya termotivasi oleh sosok Presiden Joko Widodo (Jokowi)

“Motivasi sama pak Jokowi, karena pada acara Hari Kelahiran (Harla) Pancasila memakai pakaian terbuat dari kain khas Tenun Pagatan,” ungkap Ainun Zariah merupakan salah satu murid di SMKN1 Kusan Hilir ini.

Dia menilai, kain khas tenun Pagatan sebenarnya tak kalah dengan kain batik dari daerah luar Kalimantan. Buktinya, seorang presiden memakainya pada saat memberi sambutan di acara Harlah Pancasila belum lama tadi.

BACA:  Teguh Mulyawan; Meski Atlet Pemula, Semangat Bertanding Mereka Patut Diacungi Jempol

“Tinggal bagaimana mempromosikannya lagi, salah satunya meraih juara fashion tingkat nasional,” harapnya.

Dikatakan, bersama dengan sang adik kandung Mutia Rizki Aqila yang saat ini masih duduk di bangku SD, dirinya mulai mempersiapkan segala keperluan untuk berangkat ke Jakarta.

Selain latihan disanggar, Ainun juga memilih mempersiapkan model busana, dan bahan yang bagus serta motif terbaik kain khas Tenun pagatan agar nantinya sewaktu mempragakan busana di atas panggung, bisa memikat hati para juri,” ungkapnya.

Disamping itu, guna menambah jam terbang bersama adiknya, ia juga mempelajari banyak wawasan tentang dunia model dan fashion.

BACA:  Jelang Bergulir Liga 2, Martapura FC Pamer Jersey

Ainun sendiri mengaku, sangat senang bisa meraih juara dua pada ajang lomba fashion show beberapa waktu lalu. Sehingga, mengantarkan dia juga bersama adiknya bisa go nasional.

“Semoga bisa menang pada lomba fashion di Jakarta nanti, serta bisa membanggakan daerah” tuturnya.

Selain itu, ia berharap agar pihak pemerintah kabupaten (Pemkab) Tanah Bumbu memberi perhatian lebih.

“Harapannya semoga juga Pemkab Tanbu membantu terkait keberangkatan menuju ajang nasional lomba Festival Model Batik Indonesia 2021 di Jakarta, dan memohon dukungan serta doanya kepada masyarakat Tanbu bersama adik saya semoga bisa memberikan hasil yang terbaik,” katanya.(ags/hip)

(Visited 14 times, 1 visits today)
  • Bagikan
(Visited 14 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *