oleh

Bupati Fikry Tak Ingin Ada Atlet Sewaan Membela HSS di Porprov XI

KANDANGAN, koranbanjar.net – Bupati Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), Achmad Fikry, tidak menginginkan ada atlet yang berlaga di Porprov XI untu HSS berasal dari luar daerah atau yang sering disebut “atlet sewaan”. Ia menghendaki atlet asli putra putri daerah sendiri.

Hal itu diucapkannya saat pelantikan dan pengukuhan pengurus KONI HSS periode 2019-2023 di Pendopo Kabupaten HSS, Rabu (26/6/2019) siang. HSS sendiri menjadi tuan rumah ajang Porprov XI pada 2021 mendatang.

Bupati Fikry mengatakan, lebih setuju jika membina atlet dari bawah, sebab apapun hasilnya bisa dibanggakan meski tidak menghasilkan prestasi yang bagus dengan menampilkan putera-puteri daerah.

“Daripada memanggil orang luar, kemudian saat dipanggil di PON mereka tidak ada,” tandasnya.

Bupati menegaskan akan terus mendukung untuk memunculkan atlet putera-puteri daerah. Pemkab HSS bakal mengeluarkan dana hibah, maka koni yang melakukan secara operasional utamanya menyeleksi atlet.

“Kalau bisa pesta olahraga daerah, ya atletnya juga orang daerah kita,” pungkasnya kepada media usai acara.

Ketua KONI HSS yang baru saja dilantik M Zaidan mengatakan, akan mengusahakan semua atletnya berasal dari daerah sendiri dengan mengajak dan memotivasi putera-puteri daerah dari SD hingga SMP rajin berolahraga.

“Kita akan adakan even grandprix di tingkat SD dan SMP untuk mencari bibit-bibit potensial,” ungkapnya mengenai langkah awalnya sebagai ketua KONI HSS baru.

Seketaris KONI Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), Enly Hadiyanoor mengatakan pihaknya akan membentuk tim keabsahan yang tupoksinya melegalkan atlet-atlet mana saja yang bisa membela sebuah kabupaten. “Misal dimungkinkan saja transfer antar atlet tetapi ada batasan waktu,” ucapnya.

Tetapi ia meyakini, Kabupaten HSS tidak kekurangan atlet putera-puteri daerah karena masih punya waktu dua tahun untuk KONI dan masing-masing Pengcab mendorong, memotivasi, dan membina secara serius. (yat/dra)

Komentar

Dari Rubrik Pilihan: