oleh

Tahura Sultan Adam Paling Banyak Dikunjungi, Sebulan Dapat Rp 145 Juta

BANJARMASIN, koranbanjar.net Destinasi Wisata Taman Hutan Raya (Tahura) Sultan Adam, Mandiangin, Karang Intan, Kabupaten Banjar menjadi tempat wisata di Kalsel yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan.

Dari data yang diperoleh dari UPT Tahura Sultan Adam, sejak awal tahun hingga awal bulan Juli ini terhitung ada kurang lebih 87.000 pengunjung.

Jika dihitung perbulannya, rata-rata wisatawan yang datang ke Tahura Sultan Adam per-bulannya mencapai 14 ribu pengunjung.

Sementara dari hasil retresbusi sudah mencapai Rp. 871.662.000 juta, atau berkisar 124 Juta per-bulan.

Wisata Tahura Sultan Adam telah ditargetkan menyumbangkan pendapatan asli daerah (PAD) sebesar 1 miliar. Memasuki bulan Juli saja sudah 87 persen realisasi target PAD.

Baca juga: Dua Ekowisata Lingkup Tahura Sultan Adam Dibenahi

Banyaknya wisatwan yang berkunjung ke Tahura Sultan Adam, bahkan menjadi yang nomor satu terbanyak di kalsel, diungkapkan Kabid Destinasi Wisata Dinas Parawisata Kalsel Ida Saptika Dewi, karena hutan konservasi itu memiliki banyak spot pemandangan.

“Karena di Tahura Sultan Adam itu banyak spot-spot yang bisa dinikmati wisatawan dan tidak kalah dengan yang ada di provinsi lain,” ujar Ida kepada koranbanjar.net.

Tahura Sultan Adam Paling Banyak Dikunjungi, Sebulan Dapat Rp 145 Juta
Kabid Destinasi Wisata Dinas Parawisata Kalsel Ida Saptika Dewi. (foto: agus/koranbanjar.net)

Ia mengungkapkan, ada 5 destinasi wisata Kalsel yang paling banyak dikunjungi. Yang pertama Tahura Sultan Adam, Loksado di Kabupaten HSS, Pulau Bakut di Kabupaten Batola, Pulau Samber Gelap di Kotabaru dan terakhir Kerbau Rawa di Kabupaten Hulu Sungai Utara.

“Kalau selama ini yang paling bagus dan paling banyak didatangi itu di Tahura. Karena pengelolaan dari Dinas Kehutanan Kalsel yang bagus dan spot-spot juga banyak,” katanya.

Baca juga: Tahura Sultan Adam Dikunjungi Istri Anies Baswedan

Baca juga: Tahura Sultan Adam Diserbu Peserta Diklat PIM III

Baca juga: Wabup Banjar Kaget Lihat Kemajuan Tahura Sultan Adam

Tahura Sultan Adam luasnya mencapai 112.000 hektare. Di sana bisa ditemui banyak flora dan fauna. Selain itu juga banyak spot membangun kemah atau tenda kamping bagi yang ingin menikmati suasana malam di Tahura Sultan Adam.

Salah satunya di puncak Tahura Sultan Adam atau yang sering disebut puncak Mandiangin. Dari sana pengunjung dapat melihat gerlapnya lampu kota pada malam hari. Sementara di pagi harinya pengunjung bakal disuguhkan ‘samudera awan’ (jika kondisi cuaca mendukung).

Untuk menuju ke sana, Ida mengatakan kurang lebih 30 KM dari Bandara Syamsudin Noor, Banjarbaru. Untuk menuju ke lokasi dapat menggunakan sepeda motor atau mobil.

Untuk biaya masuk, pengunjung dikenakan retrebusi Rp 21.000 ribu. Rinciannya; 10.000 karcis masuk, 10.000 ongkos keamanan parkir motor roda dua, serta 1.000 biaya asuransi.

Baca juga: Galery Oleh-Oleh di Tahura Sultan Adam

“Jadi untuk keamanan berwisata ke setiap objek wisata di Kalsel, maka Dinas Parawisata Kalsel sekarang sudah menjamin dengan di-asuransikan,” ujar Ida.

Disinggung berapa total jumlah objek wisata di Kalsel, ia menjelaskan mencapai 300 tempat wisata. Namun, ujarnya lagi, yang baru dianggap wisata sekitar 150 tempat.

“Itu yang sudah didata ada sekitar 300 tapi tidak semua bisa didatangi. Jadi yang saat ini wisata yang siap ada kurang lebih 150,” imbuh Ida. (ags/dra)

Komentar

Berita Terkini