oleh

Wabup Banjar Kaget Lihat Kemajuan Tahura Sultan Adam

KARANGINTAN,KORANBANJAR.NET – Di akhir liburan dan cuti bersama Lebaran Idul Fitri, hampir semua orang memanfaatkan momen ini dengan bersilaturahmi mengunjungi keluarga juga mengunjungi tempat tempat wisata. Hal itu tak terkecuali juga dilakukan Wakil Bupati Banjar, H Saidi Mansur, Sabtu (9/6/2019) lalu. Ia mengajak keluarganya untuk berwisata ke Tahura Sultan Adam Mandiangin, Kecamatan Karang Intan, Kabupaten Banjar.

Orang nomor dua di Kabupaten Banjar ini, selain mengajak istri dan anak anak juga mengajak ibu dan sanak keluarga untuk menikmati keindahan yang terkandung di Tahura Sultan Adam. Tepat pukul 06.15 Wita, rombongan Wakil Bupati Banjar tiba di Tahura Sultan Adam. Ia langsung disambut dan didampingi oleh Kepala Tahura Sultan Adam untuk mengarahkan ke spot spot ekowisata yang ada disana.

Rombongan langsung menuju rumah pesanggrahan yang ada di Bukit Besar Tahura dengan pengawalan Polhut, didampingi beberapa orang staf dan Tim Media Tahura Sultan Adam. Saidi langsung mengajak keluarganya untuk foto bersama dengan mengambil latar belakang rumah pesanggrahan dan panorama pegunungan.

Saidi mengaku sangat menikmati keindahan alam di Tahura Sultan Adam. Ia sempat kaget dengan perubahan dan kemajuan di kawasan ini. Menurutnya, beberapa tahun lalu, ia pernah ke Tahura, namun tidak seperti yang ia lihat sekarang.

“Tahura Sultan Adam luar biasa. Saya dan keluarga kagum. Banyak fasilitas untuk pengunjung yang disediakan. Kebersihan juga terjaga. Dari pintu masuk, saya tidak ada melihat sampah yang berserakan. Keramahan petugas yang mendampingi juga patut diacungi jempol,” tutur Saidi.

Perubahan dan kemajuan Tahura ini, lanjutnya, harus terus dijaga dan dikembangkan. “Terus berinovasi, perbanyak spot-spot wisata alam dalam kawasan Tahura,” ujarnya.

Kepala Tahura Sultan Adam, Rahmad Riansyah di sela sela kunjungan Wabup mengucapkan selamat datang di kawasan ekowisata Tahura Sultan Adam. “Semoga ini bisa menjadi kenangan Wabup bersama keluarga,” katanya.

Rahmad juga menginformasikan bahwa di Mandiangin ini hanya sebagian kecil spot spot wisata yang ada di Tahura Sultan Adam. Ada beberapa spot wisata diluar kawasan ini. Seperti Pulau Rusa, Pulau Bekantan, Lembah Kahung, Mandin Minanga dan Air Terjun Balang Mangiwa yang ada di Desa Tanjung Kecamatan Bajuin Tanah Laut, yang aksesnya bisa dicapai lewat Tahura.

Setelah puas menikamati keindahan alam sambil sarapan pagi di pesanggrahan, keluarga Wakil Bupati diajak untuk melihat habituasi satwa, budidaya madu kalulut dan ke arena bermain, yaitu Plaza Tahura.

Di lokasi habituasi satwa, rombongan membawa makanan rusa, seperti kangkung dan wartel, begitu menikmati kedekatan dengan hewan langka tersebut. Keceriaan tak bisa disembunyikan. Sambil menyodorkan makanan jenis sayur itu, Saidi tanpa sadar berucap kepada rusa. “Ayo makan, supaya sehat,” ucapnya.

Setelah puas memberi makan rusa, rombongan kemudian diajak untuk menikmati madu kelulut dengan menyedot langsung dari sarang yang di budidayakan. “Wah ini saya yakin madunya asli, karena kita langsung sedot di sarang,” serunya.

Puas berkeliling, rombongan Wakil Bupati Banjar ini berjanji, lain waktu ia bersama keluarga akan kembali ke Tahura. “Amun kaya ini (kalau seperti ini), kada jara (tidak jera) untuk ke sini lagi,” pungkasnya. (zani/dishutkalsel)

Komentar

Dari Rubrik Pilihan: