oleh

Kesuksesan Sungai Arfat Menggelar Turnamen Sepakbola Dipuji Kadispora Banjar

MARTAPURA, koranbanjar.net – Desa Sungai Arfat, Kecamatan Karang Intan, Kabupaten Banjar sukses menggelar turnamen sepak bola secara lancar, aman tanpa ada kericuhan. Padahal diikuti 60 tim sepakbola amatir se-Kalimantan Selatan.

Kemarin, Selasa (17/9/2019), turnamen ditutup dengan laga final mempertemukan antara tuan rumah Desa Sungai Arfat Gama FC kontra Mataraman Junior (MJR), di lapangan sepak bola Sungai Arfat.

Pertandingan pamungkas itu sukses menyedot perhatian seluruh elemen masyarakat, mencapai lebih seribu penonton yang hadir.

Di akhir pertandingan, tuan rumah harus menundukkan kepalanya usai kalah adu penalti dengan skor 4-5 dari tujuh penendang masing-masing tim.

Dari awal laga, publik tuan rumah diajak tegang sekaligus terhibur oleh permainan kedua kubu. Babak pertama permainan keduanya terlihat berimbang, saling menyerang dan adu jegal penyerang lawan. Babak pertama usai, skor masih kacamata.

Pada menit 85, Rudi memecah kebuntuan sekaligus mengejutkan tuan rumah. Pasalnya tim tamu MJR mencetak gol.

Tertinggal satu gol, Gama FC meningkatkan tempo permainan. Sementara MJR terus berupaya mempertahankan keunggulan.

Baca juga: Kotabaru FC Lumpuhkan Gasib Barabai 4-0

Satu menit menjelang usai, Zaini mencetak gol indah melalui tendangan bebas yang berjarak kurang lebih 25 meter. Skor berubah menjadi satu sama hingga langsung dilanjutkan adu penalti.

Atas hasil tersebut, tim MJR berhak meraih juara pertama. Sementara kubu tuan rumah Gama FC harus puas dengan juara dua.

Pada laga penutup turnamen ini, turut dihadiri Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Banjar Rakhmat Dhany, perwakilan Ketua KONI Banjar, Camat Karang Intan, serta Kapolsek Karang Intan.

H. Normaliansyah selaku pembina sepakbola Desa Sungai Arfat mengungkapkan, turnamen sepakbola ini pertama kalinya digelar sejak 15 tahun yang lalu. Ia mengakui ingin menghidupkan kembali atmosfer semangat sepak bola di Kalimantan Selatan khususnya di Kabupaten Banjar.

“Yang jelas dengan adanya turnamen seperti ini membuka lagi semangat warga Sungai Arfat dan tim lain untuk berlatih,” ujar pria yang sudah menutup masa bakti sebagai Kepala Desa Sungai Arfat pada penghujung Agustus tadi.

Turnamen sepak bola Sungai Arfat Cup ini masih dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan RI Ke-74, diselenggarakan sejak 14 Agustus lalu. Kegiatan olahraga ini juga disokong oleh Wakil Bupati Banjar H. Saidi Mansyur.

Baca: Pembangunan Sport Center Dilanjutkan

Normaliansyah menuturkan, dari 60 tim berpartisipasi, sebagian berasal dari luar daerah se-Kalsel, seperti Tanah Laut, Batola, beberapa dari Hulu Sungai.

“Karena turnamen ini sukses digelar meriah dan berjalan aman tanpa hambatan, saya berharap kompetisi ini akan dapat terus berlanjut di tahun-tahun selanjutnya,” ungkapnya.

Disinggung soal target tuan rumah, ia menjelaskan awalnya hanya menargetkan sampai final. Namun, ketika sampai di final, ia akui, besar harapan membawa piala utama untuk Sungai Arfat.

“Saya tadi sangat berharap piala paling besar ini dapat diangkut dan dipajang di kantor desa, sebagai kebanggaan warga semuanya dan menjadi motivasi,” ungkapnya.

Ia menambahkan, meski tidak mendapat yang diharapkan, namun ia bersyukur serta berterimakasih timnya sudah bekerja keras di atas lapangan. “Semoga tahun depan dapat membawa juara pertama. Terima kasih kepada seluruh pemain dan panitia turut menyukseskan turnamen ini,” tutup Normaliansyah.

Sementara Kepala Dispora Kabupaten Banjar Rakhmat Dhany sangat memuji pada penyelenggara, masyarakat, serta seluruh tim peserta turnamen, sudah menyukseskan helatan olahraga bola secara aman tanpa adanya kericuhan.

Kesuksesan Sungai Arfat Menggelar Turnamen Sepakbola Dipuji Kadispora Banjar
Usai final Ketua Penyelenggara H Normaliansyah serta Kadispora Banjar membagikan piala dan uang pembinaan pada 4 besar tim, Selasa (17/9/2019) (foto: hendra/koranbanjar.net)

“Suksesnya sebuah turnamen sepak bola ketika semua berjalan aman, damai, dan lancar. Hal ini akan mempermudah perizinan turnamen ke depannya,” kata Rakhmat Dhany.

Ia berharap, melalui turnamen sepak bola seperti ini, dapat terjaring bibit-bibit pesepakbola berkualitas asal Kabupaten Banjar.

Selanjutnya acara diakhiri pembagian piala dan hadiah kepada 4 besar turnamen. Di posisi 4 diraih oleh tim FBKM 05, sementara di urutan ketiga Gallas FC dari Banjarbaru. Usai acara, seluruh penonton membubarkan diri secara tertib. (dra)

Komentar

Berita Terkini