Baznas

Dugaan Menguat, Orang Misterius Mulai Bakar Pasar Taibah Dengan Menyulut Terpal

  • Bagikan
Puing-puing kebakaran Pasar Taibah Martapura di Kalimantan Selatan. (foto: aristy)
Puing-puing kebakaran Pasar Taibah Martapura di Kalimantan Selatan. (foto: aristy)

Berbagai spekulasi muncul di kalangan pedagang tentang penyebab kebakaran Pasar Taibah Martapura, Jumat malam, (4/6/2021). Dugaan tentang Pasar Taibah Martapura sengaja dibakar semakin menguat. Seorang misterius telah membakar Pasar Taibah Martapura dengan menyulut terpal.

MARTAPURA, koranbanjar.net – Paska kebakaran Pasar Taibah Martapura, Sabtu, (05/6/2021), terlihat masih ada gumpalan asap putih di sejumlah pertokoan Pasar Taibah Martapura.

Pantauan koranbanjar.net di lokasi, terlihat beberapa warga dan pemilik toko yang terbakar sedang mengevakuasi barang-barang yang masih bisa diselamatkan.

Penuturan seorang pedangang di Pasar Taibah Martapura, Anang kepada koranbanjar.net, Sabtu, (5/6/2021), musibah kebakaran di Pasar Taibah diduga kuat telah disengaja.

“Ini kebakaran ada yang sengaja membakar, masak ada 3 titik api di tempat berbeda secara bersamaan, ‘kan tidak mungkin? Dua titik berbeda masih sempat dipadamkan, karena tidak sampai membesar. Namun yang di sini, blok 3 tidak sempat,” ujar Anang.

Lokasi kebakaran di Pasar Taibah Martapura sudah dipolice-line pihak kepolisian. (foto: aristy)
Lokasi kebakaran di Pasar Taibah Martapura sudah dipolice-line pihak kepolisian. (foto: aristy)

Kejadian persis berlangsung mulai habis sholat maghrib. “Awalnya, ada orang pakai topi, tidak diketahui asalnya, namun membakar terpal. Sebelumnya itu tercium bau bensin, mungkin orang itu kemudian membakar terpal, habis itu menjalar apinya ke kayu yang di atas,” bebernya.

Orang yang pertama kali melihat api itu, lanjutnya, seorang ibu pedagang lemari. Waktu itu, si ibu penjual lemari sedang mengambil barang-barang. Kemudian terlihat asap, lalu si ibu penjual itu panik, karena hanya seorang diri. Lalu api mulai membesar,” jelas Anang.

BACA JUGA; Rumah Warga Keraton Hangus, Menyusul Peristiwa Kebakaran di Pasar Taibah Martapura

Sementara itu, Pemilik Toko lain di Pasar Taibah, Ancah mengatakan dugaan yang sama. Namun dia tidak mengetahui secara persis tentang asal muasal api. Karena masih dalam penyelidikan pihak berwenang.

Ancah mengaku berjualan di Pasar Taibah Martapura sejak 15 tahun, dan kebakaran ini merupakan musibah yang pertama dialaminya.

Sambil mengumpulkan barang-barang dagangan yang masih bisa diselamatkan, Ancah tidak tahu persis asal kemunculan api. “Tidak tau titik awal api darimana, ketika mendapat kabar, api sudah membesar. Soal kerugian, mungkin kurang lebih Rp100 juta,” kata Ancah.

Lokasi Pasar Taibah Martapura, Kalsel. (foto: aristy)
Lokasi Pasar Taibah Martapura, Kalsel. (foto: aristy)

Saat ini lokasi kebakaran sudah dipolice-line, karena pihak kepolisian sedang melakukan penyelidikan lebih lanjut. Total toko yang hangus terbakar mencapai 12 buah.

BACA JUGA ; Beredar Kabar, Kebakaran Pasar Taibah Martapura di Kalsel Sengaja Disulut, 12 Kios Hangus

Untuk diketahui, kebakaran Pasar Taibah Martapura terjadi kemarin pada Jumat malam, (4/5/2021) pukul 19.40 WITA. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian kebakaran Pasar Taiban Martapura, hanya saja barang-barang dagangan banyak yang hangus terbakar. Kemudian pukul 21.25 WITA, api akhirnya dapat dipadamkan.(mj-36/sir)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *