Baznas

Martapura FC – Sasikatan

  • Bagikan

MARTAPURA – Setiap kelompok apapun selalu mempunyai slogan masing-masing sebagai penyemangat. Biasanya slogan diteriakkan sambil melakukan tos sebelum pertandingan
dimulai. Tak terkecuali sebuah klub sepakbola seperti Martapura FC.

Seluruh tim Laskar Sultan Adam –julukan pasukan Martapura FC- tanpa terkecuali jajaran pelatih dan official berkumpul merapat membentuk sebuah bundaran, kemudian merentangkan tangan masing-masing ke titik fokus tengah, kemudian salah seorang dari mereka (biasanya pelatih atau kapten tim) meneriakkan slogan Martapura FC kemudian dijawab oleh yang lainnya secara bersamaan dengan suara nyaring dan lantang Laskar Sultan Adam.

Hal tersebut selalu dilakukan para punggawa Macan Gaib –julukan Martapura FC- sebelum berlatih dan sesudah berlatih. Sebelum pertandingan, bahkan sebelum berangkat ke luar kota untuk menjalani laga tandang mereka. Slogan dengan kalimat Martapura FC yang kemudian dijawab Laskar Sultan Adam ini sejak dari awal klub dibangun sudah dilakukan, seperti dikatakan Ketua Umum Martapura FC, H Mokhamad Hilman.

Namun belakangan slogan tersebut diganti Ketua Umum Martapura FC sendiri, yang dulunya dijawab dengan Laskar Sultan Adam kini diubah menjadi Sasikatan. Pergantian slogan ini bukan tanpa alasan, menurut H Mokhamad Hilman, kalau jawaban selogan dengan kalimat Laskar Sultan Adam itu jadinya tidak mempunyai makna, usai memberikan instruksi kepada para pemain perihal slogan, Selasa (3/10) lalu.

Ada makna, lanjutnya, yang menjadi harapan dari kata Sasikatan,yang pertama muncul dari kata Sasikatan itu adalah singkatan dari ‘Salam Sapadingsanakan Laskar Sultan Adam’. Jadi mereka itu adalah saudara besar Laskar Sultan Adam, yang namanya saudara ketika di luar lapangan haruslah sebagaimana saudara dalam sebuah keluarga dan di dalam lapangan harus menjadi tim, bukan individual. Karena sebuah tim kegagalan dan keberhasilan adalah kegagalan dan keberhasilan bersama.

Kemudian, lanjutnya, yang kedua pengertian dari Sasikatan itu adalah ‘Sakali Sikat’ yang artinya sekali libas semua lawan yang menghadang dilewati. “Jadi ada sebuagh motivasi yang terkandung dalam kalimat Sasikatan itu,” jelas H Mokhamad Hilman. Dengan digantinya slogan Martapura FC ini dipastikan slogan yang dulu ‘Martapura FC – Laskar Sultan Adam’ tidak akan terdengar lagi karena digantikan dengan ‘Martapura FC – Sasikatan-. “Kita mengharapkan dengan slogan baru ini menjadi motivasi dan semangat juga menjadi doa untuk Martapura FC,” pungkas Hilman. (dra)

  • Bagikan