Baznas

“Gaya Model Collection” Usaha Bidang Fashion yang Terkenal di Kalsel, Ini Profil Pemiliknya

  • Bagikan
Permilik Gaya Model Collection di Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan bersama para karyawan profesionalnya. (foto: ist)
Permilik Gaya Model Collection di Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan bersama para karyawan profesionalnya. (foto: ist)

Kalimantan Selatan (Kalsel) khususnya Kota Banjarbaru patut berbangga hati, karena memiliki segudang penerus bangsa bertalenta, termasuk di industri mode. Apalagi di zaman modern saat ini, update fashion selalu di incar masyarakat.

Mulai dari pakaian tren terkini hingga pakaian kebutuhan pribadi. Maka dari itu, bisnis ini tentu saja sangat menguntungkan.

Rabiatul Jannah merupakan pengusaha fashion. Dia merupakan Sarjana Ekonomi lulusan STIE Pancasetia Banjarmasin. Semangatnya dalam merintis usaha bisnisnya ini wajib ditiru karena pantang menyerah dengan kegigihan dan keuletannya.

Ia memiliki bisnis “Gaya Model Collection”, usaha yang bergerak di bidang fashion style dan sudah memilik 4 karyawan magang dan 10 penjahit rumahan yang selalu siap membantu ketika ada banyak borongan pesanan.

Usaha ini menyediakan jasa menjahit pakaian sesuai pesanan pelanggan seperti jas, safari, gaun kebaya, dress, seragam dinas perusahaan, seragam TNI/Polri, seragam sekolah dan permak.

Adapun menjual pakaian jadi seperti gaun pesta atau kebaya, baju dinas, baju syar’i, piyama dan daster dan lain-lain. Bahkan, menjual berbagai perlengkapan dan peralatan menjahit seperti benang, kancing, resleting dan lain-lain. Di sana juga menerima pesanan jahitan dari borongan perusahaan, dinas dan lain-lain. Nah, sangat lengkap bukan?kamu tak perlu ribet mencari ke sana kemari, cukup satu tempat ini saja.

Tenaga ahli Gaya Model Collection di Banjarbaru. (foto: ist)
Tenaga ahli Gaya Model Collection di Banjarbaru. (foto: ist)

Mengenal Lebih Dekat Sosok Pemilik “Gaya Model Collection”

Rabiatul Jannah sebelum berhasil meniti karirnya saat ini, ia dulunya memang memiliki cita-cita menjadi pengusaha sukses terkenal sejak kecil. Mulai dirinya beranjak remaja kemudian memutuskan untuk fokus menjadi seorang pengusaha muda yang baik dan benar.

BACA:  UNIK, DLH Kotabaru Tukar Sampah dengan Takjil

Menurutnya, tidak semua orang bisa menjalankan bisnis hingga sukses menjadi besar. Apalagi mengubah uang jutaan menjadi milliaran. Akan tetapi, apapun akan menjadi mungkin ketika dirinya sudah bertekad untuk menjalaninya.

“Saya adalah seorang pekerja keras dan mampu bekerja bersama dengan tim, serta dapat dipercaya. Target yang ingin saya capai yaitu memperbesar dan meningkatkan usaha yang saya jalankan, mengembangkan dan membuka cabang usaha yang baru di berbagai daerah. Saya ingin semua dunia tahu usaha yang saya jalankan agar secepatnya bisa go internasional atau di ekspor,” katanya kepada koranbanjar.net, Senin (31/5/2021).

Menjadi seorang pengusaha sukses tentunya tak langsung berhasil begitu saja, jatuh bangkit mungkin sudah sebagai hal yang biasa. Ia menceritakan perjalanan karirnya, setelah lulus SMAN 2 Banjarbaru jurusan IPA tahun 2012 dirinya sempat memutuskan untuk tidak melanjutkan pendidikan karena keterbatasan ekonomi keluarga.

Sehingga, dia nekat memutuskan untuk hidup merantau bekerja di tempat usaha keluarga di BeraU, Kalimantan Timur. Setelah penghasilan dirasa cukup, baru memberanikan diri untuk memulai kuliah di jurusan yang paling diminatinya. Siang bekerja, malam kuliah sudah menjadi rutinitas sehari-hari.

Jasa yang ditawarkan Gaya Model Collection.
Jasa yang ditawarkan Gaya Model Collection.

Bangga terhadap diri sendiri dan patut diapresiasi karena hasil jerih payahnya kini sangat sebanding dengan apa yang telah ia lalui. Lulus kuliah dengan nilai “A” atau “Cumlaude”, menjadi yang terbaik diantara yang baik dari seluruh mahasiswa-mahasiswi di kampus tersebut. Alhasil, ilmu yang ia dapatkan bisa dimanfaatkan untuk diterapkan di bidang usaha yang ia jalankan saat ini.

BACA:  Pohon Membahayakan Itu Akhirnya Ditebang

Bahkan, bisnis yang ia jalankan sekarang juga membuka kursus menjahit bagi yang ingin belajar menjahit.

Seperti diketahui, Rabiatul Jannah juga merupakan anggota dalam organisasi Gerakan Komunitas Nasional (GKN) Kalsel yang dipimpin oleh Isna Alib dari Banjuarbaru. Di mana dirinya ditunjuk sebagai pendamping wirausaha atau usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Micromentor Kalsel yang dibina Naimaturrobiah asal Rantau.

Pencapaian

Berikut capaian “Gaya Model Collection” yang telah seringkali memenangkan tander atau dipercaya mengerjakan borongan seperti seragam perusahaan, sekolah dan lain-lain sejak tahun 2016 :

  1. Bank Indonesia Banjarmasin (seragam satpam 800 stel)
  2. DAMRI Trikora Guntung manggis (seragam karyawan 500 stel)
  3. PT. Nindya Karya Banjarbaru, proyek Pasar Banjarbaru (700 stel)
  4. SD Idaman Banjarbaru
  5. SD Al Mansyur Banjarbaru
  6. Nurul Fikri Banjarbaru

Bahkan, hingga kini masih dipercaya Kepala Dinas Perdagangan Provinsi Kalsel, Drs.H.Birhasani,M.Si sebagai penjahit langganan.

Peran Terhadap Masyarakat Luas

Keinginan membuka lowongan pekerjaan seluas luasnya kepada orang yang memiliki semangat dan kemauan untuk belajar dan bakat, serta memiliki skill untuk memperbaiki taraf hidupnya tanpa melihat dari ijazah yang dimiliki.

Kemudian, menghimpun pemuda-pemudi yang putus sekolah karena keterbatasan biaya untuk ikut berpartisipasi dalam usaha ini. Ikut melibatkan masyarakat, misalnya seperti ibu ibu komplek wengga THP V Blok 2 RT.48/RW.07 Kelurahan Guntung manggis, Kecamatan Landasan Ulin dan Jalan Gotong Royong ujung RT.04/RW.06 Kelurahan Mentaos, Kecamatan Banjarbaru Utara.

Lalu melibatkan penjahit sekitar, ketika ada job besar dan menjadikan usaha agar dapat diterima masyarakat banyak dan memiliki pelanggan dalam jangka panjang. Membantu konsumen dalam hal penampilan, salah satunya pakaian dan memberikan mutu atau service yang baik dengan harga terjangkau.

BACA:  GAWAT! Kebakaran Terjadi di Dua Tempat Sekaligus, Api Masih Berkobar

Bertujuan, memperluas jaringan usaha dengan membuka cabang baru, toko khusus menjahit, toko khusus menjual alat dan perlengkapan menjahit, toko khusus menjual pakaian , serta toko khusus membordir pakaian.

Mewujudkan komunitas generasi muda yang berdaya saing tinggi dengan kemandirian ekonomi yang bermental positif, bersatupadu membangun ekonomi secara bergotong royong dalam bentuk komunitas. Menciptakan dan melahirkan para pengusaha sukses dari kalangan kaum muda yang dinamis dan agamis. Memiliki komitmen terhadap peningkatan kesejahteraan anggota, manajamen dan masyarakat luas.

Adminstrasi Model Gaya Collection yang profesional. (foto: ist)
Adminstrasi Model Gaya Collection yang profesional. (foto: ist)

Histori Pernikahan

Wanita muda ini sudah memiliki suami bernama Yandi (31), lahir pada 5 januari 1990. Meski Rabiatul merupakan seorang lulusan sarjana nyatanya ia tak memandang bulu dalam urusan percintaan. Sebab, suaminya hanya lulus sekolah dasar (SD).

Akan tetapi, memiliki bakat dan kemampuan di bidang menjahit atau tata busana berbagai macam pola. Uniknya, keahliannya ini didapat secara otodidak.

Sejak lulus SD di Desa Hamarung, Paringin, Hulu Sungai Utara (HSU) sosok Yandi saat itu sudah terlatih menjadi pria yang mandiri dan bekerja sebagai penjahit sekaligus Asisten Manjer di CV Rezky Anugerah Berau di Kaltim selama 19 tahun.

Kemudian, keduanya dipertemukan di perusahaan tersebut pada tahun 2012. Sampai akhirnya mmemutuskan menikah di tahun 2015 dan mulai membuka usaha sendiri “Gaya Model Collection” di Banjarbaru, Kalsel sejak tahun 2016 sampai sekarang.(ykw/koranbanjar.net)

(Visited 24 times, 1 visits today)
  • Bagikan
(Visited 24 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *