Kombes Pol. Dr. Faizal Ramdhani, S.Sos,. S.I.K,. MH

Cara Berbakti kepada Orang Tua yang Telah Meninggal Menurut Syekh Ali Jaber

  • Bagikan
cara berbakti kepada orang tua yang telah meninggal - Ilustrasi Syekh Ali Jaber. (Suara.com/Ema Rohimah)

Ketika orang tua dicabut nyawanya dan meninggalkan dunia ini maka akan secara otomatis terputus semua jenis amal dan ibadahnya. Namun masih ada cara berbakti kepada orang tua yang telah meninggal.

Koranbanjar.net – Orang tua yang telah wafat hanya dapat mengharapkan kiriman doa-doa yang dikirimkan oleh sanak saudaranya yang masih hidup di dunia.

Namun perlu anda ketahui bahwa terdapat 3 amal jariyah yang tidak akan pernah terputus sampai kapanpun, sekalipun ia sudah meninggal. Yakni sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat dan doa anak yang sholeh.

Apakah masih ada cara berbakti kepada orang tua yang telah meninggal? Simak penjelasan Ustad Syekh Ali Jaber di bawah!

Cara Berbakti Kepada Orang Tua yang Telah Meninggal

Mengutip pada kanal YouTube Syekh Ali Jaber, beliau menjelaskan bahwa masih ada kesempatan bagi seseorang yang ingin berbakti kepada orang tua meskipun sudah dipanggil oleh Allah atau meninggal dunia.

Beliau menjelaskan bahwa ada dua cara berbakti kepada orang tua yang sudah meninggal, yakni:

1. Bersedekah

Bersedekah adalah kegiatan menyisihkan sebagian rezeki yang kita miliki, sedekah dapat dilakukan dalam bentuk apapun, berapapun, kapanpun dan dimanapun. Hal itu dapat dilakukan dengan cara meniatkan di dalam hati bahwa tujuan dari sedekah tersebut dikhususkan untuk kedua orang kita yang sudah tiada.

Perlu anda ketahui bahwa saat kita bersedekah dengan niat khusus untuk orang tua kita maka akan ada Malaikat yang bertugas untuk mencatat amalan, begitu kita bersedekah maka akan muncul cahaya yang begitu indah dan luar biasa dahsyatnya kepada kedua orang tua kita.

Hasil dari sedekah yang kita berikan di dunia akan dibalas Allah berupa rahmat dan kebaikan yang akan diberikan kepada kedua orang tua kita yang saat ini sudah berada di alam berbeda.

2. Doa

Selain bersedekah, doa juga merupakan amalan yang dapat dilakukan sebagai bentuk cara berbakti kepada orang tua yang telah wafat. Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa doa dari anak sholeh termasuk salah satu amal jariyah yang tidak akan pernah terputus sampai kapanpun.

Kita dapat berdoa kapanpun dan dimanapun, baik saat setelah sholat tahajud, disaat kita bersujud alangkah baiknya sebelum kita berdoa untuk diri kita sendiri terlebih dahulu kita mendoakan kedua orang tua kita yang telah wafat.

Demikian adalah ulasan tentang cara berbakti kepada orang tua yang telah meninggal, semoga dapat diamalkan dan memberikan wawasan pengetahuan keagamaan untuk anda sekalian. (suara/Dhea Alif Fatikha)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *