oleh

Banjir Kotabaru Mengering, BPBD Belum Miliki Data Resmi Jumlah Total Korban

KOTABARU, KORANBANJAR.NET – Salah satu desa dari tiga kecamatan di Kabupaten Kotabaru yang dilanda banjir, yakni Desa Gunung Sari RT 1, Kecamatan Pulau Laut Utara, saat ini sudah kering total.

Banjir yang bermula sejak Sabtu (8/6/2019) itu, berangsur surut dari Minggu, dan kering total hingga Senin (10/6/2019).

Menurut Ketua RT 1 Desa Gunung Sari, Arbani, sebelumnya banjir di desanya merendam 19 rumah dengan ketinggian air mencapai sekitar lima meter. Barang-barang elektronik milik warga yang rumahnya terendam banjir pun ikut rusak karena tak dapat diselematkan.

“Dari 19 rumah, ada 10 rumah yang terendam paling parah dan terendam paling lama sekitar dua hari satu malam, sebab air hujan yang tergenang di desa tidak mengalir,” ujar Arbain saat ditemui koranbanjar.net, Kamis (13/6/2019).

Arbain menyebut, tergenangnya air hujan lantaran di desanya tidak memiliki parit atau gorong-gorong untuk mengalirkan air hujan. Warga yang rumahnya terendam banjir pun terpaksa membuat gorong-gorong di bawah jalan agar dapat mengalirkan air hingga kemudian mengakibatkan sembilan rumah warga lainnya ikut terendam banjir.

Gorong-gorong yang dibuat warga Desa Gunung Sari RT 1 untuk mengalirkan genangan air. (foto: siti hadisah/koranbanjar.net)

“Karena untuk disedot saja airnya tidak memungkinkan bisa surut, sehingga kami harus mebuat gorong-gorong agar air dapat mengalir. Sekarang Alhamdulilah, banjirnya sudah surut. Air hujan yang turun sudah tidak tergenang lagi karena sudah ada gorong-gorong sementara yang kami buat,” katanya.

Sementara dari BPBD Kotabaru, hingga Kamis ini, belum memiliki data resmi terkait total jumlah korban dari keseluruhan wilayah yang terendam banjir di Kotabaru. Mereka hanya memiliki data sementara yang sebeulmnya telah disebutkan Kepala BPBD Kotabaru, Rusian Ahmadijaya, ada 250 rumah warga di tiga kecamatan di Kotabaru yang terendam banjir.

Saat dikonfirmasi koranbanjar.net, siang tadi, Rusian mengatakan pihaknya masih mengumpulkan data untuk seluruh wilayah yang terendam banjir di Kotabaru.

“Hingga saat ini kami masih menunggu laporan karena kami hanya menerima data dari satu kecamatan saja,” ucapnya.

Satu kecamatan yang sementara ini datanya diterima BPBD Kotabaru ialah Kecamatan Pulau Laut Tengah. Ada 42 rumah dari empat desa di kecamatan tersebut yang terendam banjir.

Namun saat ini, dari informasi yang diterima koranbanjar.net, kondisi banjir di Desa Sungup Kanan, Desa Sungai Pasir, Desa Semisir, Desa Pantai Paru, Kecamatan Pulau Laut Tengah tersebut, sudah berangsur surut.(cah/dny)

Komentar

Berita Terkini