oleh

Banjir di Kotabaru Merendam 250 Rumah dan 4 Masjid, 1 Rumah Hancur Akibat Longsor

KOTABARU, KORANBANJAR.NET – Berdasarkan data sementara yang diperoleh dari BPBD Kotabaru, hingga Senin (10/6/2019) hari ini, ada 250 rumah warga terendam banjir. Ratusan rumah terdampak banjir tersebut tersebar di sejumlah desa dalam tiga kecamatan yang ada di Kabupaten Kotabaru, yakni Kecamatan Pulau Laut Utara, Pulau Laut Tengah, dan Pulau Laut Timur.

“Untuk data laporan awal itu ada sekitat 250 rumah warga yang terendam banjir, dan hanya ada satu rumah warga yang hancur total di Desa Gunung Sari RT 6 akibat tertimbun tanah longsor,” ujar Kepala BPBD Kotabaru, Rusian Ahmadijaya, kepada korabanjar.net.

Rusian mengatakan data tersebut kemungkinan akan bertambah jika hasil pendataan korban banjir di setiap desa sudah diperoleh.

Selain ratusan rumah warga, banjir juga merendam empat masjid di Desa Sungai Paring, Desa Sungai Jupi, serta di Desa Sejakah yang ada di Kecamatan Pulau Laut timur. Rusian menyebut akses jalan di daerah terdampak banjir tersebut saat ini sedang terputus dan hanya bisa dilalui dengan mengunakan perahu.

“Tempat ibadah yang terendam langsung kami bersihkan bersama tim Balakar. Di Desa Sejakah itu ada dua masjid yang terendam banjir, dan langsung juga dibersihkan masyarakat dengan dibantu tim dari perusahaan,” katanya.

Sejauh ini, Rusian memastikan belum ada laporan terkait adanya korban jiwa dalam musibah banjir yang melanda Kotabaru sejak Sabtu (8/6/2019) itu.

“BPBD Kotabaru telah berupaya meringankan beban masyatakat yang terdampak banjir dengan menyalurkan bantuan logistik,” jelasnya.

Kemudian, ditambahkan Rusian, pihaknya bersama pemerintah setempat juga telah membenahi sarana dan prasarana di wilayah yang terdampak banjir, seperti jalan longsor.

“Ketika ada jalan longsor, maka kami bersihkan agar akses jalannya dapat kembali lancar. Itu yang sudah kami lakukan bersama pemerintah daerah,”  pungkasnya.

Seperti diberitakan koranbanjar.net sebelumnya, banjir yang melanda sejumlah wilayah Kabupaten Kotabaru ini disebabkan oleh hujan yang terus mengguyur wilayah Kotabaru dari subuh Sabtu (8/6/2019), hingga sore harinya.

Dari pantauan BPBD Kotabaru, hari ini, kondisi banjir sudah berangsur surut, namun di wilayah Kecamatan Pulau Laut Tengah, banjir masih menggenangi Desa Sejakah. (cah/dny)

Komentar

Berita Terkini