oleh

Walikota Banjarbaru; Kita Tanamkan Nilai Berwira Usaha Dalam Market Day

BANJARBARU, koranbanjar.net – Sekolah Dasar Negeri (SDN) 2 Guntung Paikat mengadakan acara Market Day (Hari Pasar) di halaman Sekolah mereka, di jalan Rambai Timur, Sumberadi, Guntung Paikat, Banjarbaru Selatan, Kamis (30/1/2020) kemarin.

Acara itu dihadiri Walikota Banjarbaru Nadjmi Adhani dan Kepala Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Banjarbaru M Aswan.

“Dalam kegiatan ini sebenarnya kita ingin menanamkan mental berwira usaha kepada anak-anak kita, mulai dari mengolah hingga menjual,” ucap Walikota Banjarbaru seusai mencicipi beberapa makanan yang telah dipromosikan.

Dari situ, Nadjmi mengatakan, mereka (anak-anak) akan paham apa itu keuntungan dari berusaha berjualan. “Misalnya, membeli bahan pokok Rp 500 diolah dan dijual Rp 600 maka ada keuntungan Rp 100,” katanya.

Ia pun menyebutkan, jika nilai-nilai berwira usaha itu tertanam kepada mereka, maka di hari depan, mereka akan mandiri dan semakin mandiri.

Terpisah, Kepala Sekolah SDN 2 Guntung Paikat Rusdiansyah mengaku bangga dengan para muridnya, karena ikut aktif dalam kegiatan itu.

“Market Day ini dikoordinatori oleh Komite Sekolah serta didukung oleh Wali Murid dan Wali Guru,” ungkap Rusdiansyah selaku Kepala Sekolah.

“Jadi dalam acara ini, kami mengundang Walikota, Kadisdik dan Camat Banjarbaru Selatan. Alhamdulillah mereka semua hadir,” ujarnya lagi.

Dikatakannya, anggaran dana untuk kegiatan Market Day itu, dianggarkan dari masing-masing orang tua murid dari kelas 1 hingga kelas 6.

“Mereka membuat makanan sendiri dari rumah, jadi tidak dianggarkan dari dana Sekolah. Anggaran ini murni dari orang tua murid,” tegasnya.

Senada dengan Walikota Banjarbaru, dirinya mengharapkan murid-muridnya kelak dapat mandiri dengan bisa berwira usaha.

Terpantau koranbanjar.net saat itu, makanan yang dipromosikan oleh semua kelas yang ada, adalah makan-makanan tradisional Banjar. (san/maf)

Komentar

Dari Rubrik Pilihan: