oleh

Terkait Virus Corona, Banjarbaru Tetap Berjalan Normal Tak Ada Yang Diliburkan

BANJARBARU, koranbanjar.net – Banjarbaru, belum ditemukan pasien suspect virus corona atau covid-19. Sehingga ditetapkan status siaga darurat non bencana alam. Maka dari itu, semua masih berjalan normal seperti biasa termasuk sekolah tak ada yang diliburkan.

Gugus tugas didirikan, tak hanya di Pemprov Kalsel melainkan juga ada di Kota Idaman. Bertugas, sebagai sumber informasi segala sesuatu mengenai virus korona atau Covid-19.

“Kita menetapkan, status siaga darurat non bencana alam. Hal ini, segera diproses SK Walikotanya dibagian hukum terhitung hari ini. Kerja gugus tugas, mengupayakan tindakan preventif yang akan dilakukan,” ujar Walikota Banjarbaru Nadjmi Adhani, Senin (16/3/2020), di Aula Gawi Sabarataan, Pemko Banjarbaru.

Menurutnya, sampai saat ini belum ditemukan status positif covid-19 di Banjarbaru. Ditargetkan, nol kasus berbahaya tersebut. “Berbagai upaya wajib kita laksanakan,” lanjutnya.

Sekda Banjarbaru Said Abdullah selaku ketua gugus tugas menyampaikan, semua SKPD mesti menangani bersama terkait pencegahan virus itu.

“Virus korona, datangnya dari luar. Masuknya melalui bandara dan pelabuhan, bukan dari lingkungan kita. Kita tetap monitor setiap hari perkembangan virus ini, karena masih nol kasus maka semua masih jalan seperti biasa. Termasuk sekolah, dan langkah antisipasi terus dilakukan,” paparnya.

Ia mengimbau, bandara dan pelabuhan harus memiliki standar operasional prosedur (SOP) baru, guna menaikan sistem keamanan dan perketat penyebaran virus.

“Seperti tidak lagi menggunakan finger print, untuk absen kembali ke manual. Tidak bersentuhan atau salaman, dan meningkatkan kebersihan dengan cuci tangan. Melakukan penyemprotan disinfektan,” ucapnya. (ykw/maf)

Komentar

Dari Rubrik Pilihan: