oleh

Setwan Gelar Gladi Bersih Persiapan Pelantikan Anggota DPRD Periode 2019-2020

BANJARMASIN, koranbanjar.net – Sebelum menggelar pelantikan anggota legislatif DPRD Provinsi Kalimantan Selatan periode 2019-2024 yang akan dilaksanakan hari Senin besok, tanggal 9 September 2019, terlebih dahulu dilakukan Gladi Bersih pada hari ini, Sabtu(07/09/2019).

Kegiatan yang dilaksanakan oleh Sekretariat Dewan(Setwan) ini dimulai pada pukul 10.00 hingga selesai. Adapun susunan acara yang dibacakan pada gladi ini tidak berbeda dengan susunan acara pada saat pelantikan nanti.

Pelantikan sekaligus pengucapan sumpah atau janji anggota DPRD Kalsel masa jabatan tahun 2019-2024 di hari Senin itu nantinya akan dikemas dalam Rapat Paripurna DPRD Provinsi Kalsel.

Setwan Gelar Gladi Bersih Persiapan Pelantikan Anggota DPRD Periode 2019-2020
Gladi bersih pengucapan sumpah jabatan kepada 55 anggota DPRD Kalsel Periode 2019-2020.(Foto: Leon/ Koranbanjar.net)

Kepala Bagian(Kabag) Persidangan, Hukum, Layanan Aspirasi, dan Alat kelengkapan dewan(AKD) M.Zaini kepada koranbanjar.net menjelaskan untuk meningkatkan pelayanan secara profesional kepada anggota DPRD Kalsel baik pelayanan administrasi maupun keuangan, maka pihaknya melakukan berbagai persiapan.

“Salah satunya mempersiapkan pelantikan dan sekaligus pengambilan sumpah/janji yang dilaksanakan oleh Sekretariat DPRD(Setwan) Kalsel sesuai amanat yang diserahkan ke Setwan,” ucapnya saat ditemui di ruang persidangan DPRD Kalsel.

Pihaknya juga mengaku berkoodinasi secara intens melalui rapat dengan pihak tertentu seperti dari segi pengamanan, Polda Kalsel, Korem 101/Antasari dan Satpol-PP.

“Kemarin ada gelar pasukan TNI, Polri yang berjumlah kurang lebih 500 personil untuk mengamankan jalannya prosesi pelantikan tersebut,” tambahnya.

Berdasarkan rapat pleno KPU Provinsi Kalimantan Selatan, maka ditetapkan perolehan kursi, suara serta penetapan anggota terpilih DPRD Provinsi Kalsel periode 2019-2024 sebagai berikut.

Partai Golongan Karya (Golkar) memperoleh 12 kursi, PDIP 8 kursi, Gerindra 8 kursi, PAN 6 kursi, PKB 5 kursi, PKS ada 5 kursi, PPP ada 3 kursi, Nasdem 4 kursi, Hanura mendapatkan cuman 1 kursi,dan yang terakhir demokrat memperoleh 3 kursi.

“Anggota incumbent yang masih dipercaya duduk di kursi Wakil Rakyat Daerah ini ada berjumlah 21 orang, dan 34 anggota yang baru,” terang Zaini.

Untuk desain ruangan, Zaini menambahkan, kapasitas ruangan yang sudah ditetapkan mampu menampung 300 kursi undangan dan terdapat 4 pintu masuk.

“Yang lewat belakang ada dua pintu, demikian juga yang lewat depan ada dua pintu jadi semua berjumlah 4 pintu,” jelasnya.

Sedangkan untuk tata letak kursi tamu undangan yakni kursi depan A khusus VIP yaitu Forkompinda, DPR RI, DPD RI, Bupati/ Walikota se Kalsel, Ketua DPRD se Kalsel, serta Pimpinan Parpol dan lain-lain.

‘Untuk kursi B diperuntukkan bagi Anggota DPRD yang baru beserta istri atau suami dan tamu VIP lainnya,” Demikian terang Zaini.

Tidak lupa Zaini juga memberitahukan Paripurna dengan agenda pengangkatan sumpah jabatan itu akan dibuka dengan Tarian Kembang Setaman dari Sanggar Tari Tradisi SMK 4 Banjarmasin.

Ia berharap pelantikan ini berjalan lancar, sukses tidak ada halangan dalam pelaksanaan prosesi kegiatan tersebut 5 tahun sekali itu.

“Mudah-mudahan kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar, serta mendapatkan dukungan dari berbagai pihak khususnya masyarakat dan yang paling utama mendapatkan Rido Ilahi,” ucapnya sekaligus memungkasi wawancara.(yon)

Komentar

Berita Terkini