Selokan Depan RSUD Ulin Berbau Menyengat Dikeluhkan Masyarakat

oleh -75 views
Selokan Depan RSUD Ulin Berbau Menyengat Dikeluhkan Masyarakat
Pemprov Kalsel saat melakukan aksi bersih-bersih di pinggir Jl. A Yani Banjarmasin termasuk mengangkat sampah selokan depan RSUD Banjarmasin, Jumat (20/9/2019) (foto: agus/koranbanjar.net)

BANJARMASIN, koranbanjar.net – Selokan depan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ulin Banjarmasin tampak dipenuhi limbah pembuangan air dan sampah. Kondisi tersebut dikeluhkan warga, sebab mencemari lingkungan dan menimbulkan bau menyengat.

“Saya mencium air got itu agak bau menyengat, ini dari sampah air limbah rumah sakit, airnya juga warna biru, baunya juga menggangu. Ini nantinya kan juga bisa menggangu kesehatan,” ujar Pardiyono (40) kepada koranbanjar.net, Rabu pekan lalu.

Menurut Pardiyono selokan RSUD Ulin Banjarmasin ini kotor seperti tidak pernah dibersihkan.

Menurutnya, beberapa warga yang sering ke RSUD Ulin sudah berupaya memperingatkan melalui sosmed kepada Pemerintahan Kota Banjarmasin agar dibersihkan karena pemandangan depan RSUD Ulin kelihatan kumuh dan bau.

“Biasanya orang lewat pakai mobil ataupun motor tercium baunya agak menyengat, biasanya sih saya langsung tag akun (sosmed) Pak Ibnu Sina supaya ini lebih diperhatikan,” ujarnya.

Pardiyono mengatakan, menyengatnya bau limbah pembuangan basah tidak hanya datang dari RSUD Ulin namun juga Hotel Jelita.

“Seharusnya pihak RSUD Ulin maupun pihak hotel membuat penampungan agar sampah ataupun air limbah yang dari rumah sakit tidak mencemari lingkungan,” harapnya.

Seorang warga Banjarmasin lainnya Hanafiah Ismail (35 tahun) menambahkan, agar pemerintah turun tangan. Apalagi selama ini dirinya sering berobat ke RSUD Ulin, sementara kondisi selokannya masih saja seperti itu.

“Saya sering lewat dan banyak juga kawan-kawan yang bilang kalau kotor, maunya selokannya dibersihkan oleh pemerintah atau pihak RSUD maupun Hotel Jelita, karena mereka membuang limbah langsung ke sini,” ungkapnya.

Ismail menilai, sebenarnya kinerja pemerintah selama ini sudah cukup bagus, namun ia berharap agar bisa lebih ditingkatkan lagi.

“Kalau kinerja pemerintah lumayan saja, tapi kalau bisa tingkatkan lagi di daerah bantaran-bantaran sungai, karena dari sana banyak berasal sampah-sampah dan meskipun membayar iuran yang penting Banjarmasin bersih,” pungkasnya.

 

Baca juga: Selokan Depan RSUD Ulin Bau Menyengat, Pemerintah Sebut Kekurangan Alat

 

Sementara itu di kesempatan aksi bersih-bersih oleh Pemprov Kalsel, Kepala Dinas Sosial Kalsel Siti Nuriyani mengatakan, sepekan ke depan akan dilakukan pengerukan oleh pihak RSUD Ulin. (ags/dra)

Jasa Karangan Bunga di Kalimantan Selatan