oleh

Ratusan Warga Reaktif Covid-19 di Banjarmasin Dites Swab

Ratusan warga reaktif Covid-19 menjalani tes swab di halaman Kantor Dinas Kesehatan Banjarmasin, Minggu (17/5/2020).

BANJARMASIN, Koranbanjar.net – Juru bicara (Jubir) Percepatan Penanganan Covid-19 Banjarmasin Machli Riyadi mengatakan, warga yang menjalani tes swab terdiri dari 129 orang dari enam pasar tradisional di Banjarmasin, 47 orang dari Pasar Sentra Antasari, dan ditambah beberapa orang yang sebelumnya telah antre di sejumlah Puskesmas setempat.

Hasil swab dengan metode polymerase chain reaction (PCR) itu mengambil sampel lendir pada saluran pernapasan masing-masing warga. Sampel kemudian dibawa ke laboratorium pemeriksaan Covid-19 yang berada di Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BBTKLPP) Banjarbaru. Hasil swab nantinya bisa diketahui dalam 3 sampai 4 hari ke depan.

“Semakin cepat pemeriksaan swab ini maka semakin mudah mendeteksi warga yang positif Covid-19,” kata Machli Riyadi.


Baca juga: Ditemukan Ratusan Pedagang Banjarmasin Reaktif Corona


Warga yang ditemukan positif Covid-19 berdasarkan hasil swab kemudian akan di karantina di Gedung Balai Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan (BTIKP) Kalsel, Jalan Perdagangan, Banjarmasin.

“Kalau sudah dikarantina di sana, minimal bisa meminimalisir penyebaran terhadap keluarga di rumah. Apabila karantina di Jalan Perdagangan tidak cukup (penuh), maka akan kita kirim ke rumah karantina di Banjarbaru,” ucapnya. (ags/dny)

Komentar

Dari Rubrik Pilihan: