Pengembangan Olahraga Tradisional dengan Perlombaan

  • Bagikan

Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kalimantan Selatan akan meningkatkan pengembangan olahraga tradisional dengan menggelar perlombaan berkolaborasi kabupaten/kota se-Kalsel pada 2021.

BANJARMASIN,koranbanjar.net – Kepala Bidang Pemberdayaan Olahraga, Dinas Pemuda dan Olahraga Kalsel M. Nasir mengatakan, hal ini dilakukan dalam menggelorakan olahraga tradisional di tengah masyarakat agar tidak ketinggalan zaman.

“Olahraga tradisional merupakan budaya masyarakat yang harus terus digalakkan. Setiap tahunnya kita akan adakan event tingkat provinsi dikoordinasikan oleh Dispora Kalsel, sekitar Agustus mendatang,” ucap Nasir, di Banjarmasin, Jumat (8/1/2021).

Perlombaan tingkat provinsi, kabupaten dan kota akan menggali olahraga tradisional apa saja  di wilayahnya masing-masing.

“Apalagi Kalsel sendiri mempunyai 26 rumpun olahraga tradisional, bahkan ada beberapa olahraga populer seperti balogo, sumpit, bagasing, dan silat kuntaw budaya,” ungkap dia.

Ia menjelaskan, olahraga tradisional sudah mempunyai organisasi yang namanya Persatuan Olahraga Tradisional Indonesia (Portina) tingkat nasional, provinsi, kabupaten dan kota.

“Jadi, kalau sudah ada organisasinya itu akan dirintis nanti. Cuma untuk mengikuti lomba di tingkat nasional. Setiap daerah harus mempunyai olahraga unggulan atau paling populer di daerahnya masing-masing,” tutur dia.

Ia berharap, Dispora selaku pembina olahraga bersinergi dengan Portina dapat memberikan dorongan, agar teman-teman di Portina terus melakukan aktivitas penggalian ataupun pembudayaan olahraga tradisional di masyarakat.

“Kami, Dispora siap memberikan dukungan penuh dalam menggelorakan olahraga tradisional di  Kalsel,” kata dia. (kominfokalsel/dya)

NEWS STORY
  • Bagikan