Operasi Intan 2019 Dimulai, Polisi Fokus Delapan Pelanggaran Ini

MARTAPURA, KORANBANJAR.NET – Menjelang bulan suci Ramadhan, Polres Banjar menggelar Operasi Kepolisian Terpusat Keselamatan Intan 2019, yang dimulai pada hari ini, Senin 29 April hingga 10 Mei 2019.

Sebagai tanda dimulainya operasi, Polres Banjar melaksanakan apel yang dipimpin langsung Kapolres Banjar AKBP Takdir Mattanete, di Halaman Mapolres Banjar, Martapura, Senin (29/4/2019).

Apel juga dihadiri Perwira dan Jajaran Polres Banjar serta Kodim 1006/ Martapura, juga diikuti dari elemen Sentra Komunikasi di wilayah hukum Polres Banjar.

Dalam amanat Kepala Korps Lalu Lintas Kepolisian RI (Korlantas Polri) yang dibacakan Kapolres Banjar AKBP Takdir Mattanete menyampaikan, kegiatan Operasi Keselamatan Intan 2019 lebih memprioritaskan pendidikan lalu lintas pada masyarakat dan mampu mewujudkan rasa simpatik masyarakat kepada Polri.

Kapolres Banjar AKBP Takdir Mattanete saat membacakan amanat Kepala Korps Lalu Lintas Kepolisian RI (Korlantas Polri). foto: ist

“Operasi Keselamatan Intan 2019 lebih memprioritaskan kegiatan Dikmas Lantas yang mampu mewujudkan rasa simpatik masyarakat kepada Polri. Disamping itu untuk mengedukasi masyarakat agar menciptakan situasi Kamseltibcarlantas yang tertib,” katanya.

Terkait sasaran operasi, Takdir mengungkapkan lebih memprioritaskan pada 8 pelanggaran, yakni (1) menggunakan Handphone (HP) saat mengemudi dan mengendarai kendaraan bermotor, (2) tidak menggunakan Safety Belt, (3) menaikkan dan menurunkan penumpang di jalan tol, (4) melawan arus lalu lintas, (5) mengendarai kendaraan dibawah pengaruh minuman keras, (6) pengemudi kendaraan dibawah umur, (7) berkendara melebihi kecepatan maksimal, (8) serta menggunakan bahu jalan bukan untuk peruntukkannya.

“Diharapkan pelaksanaan Operasi Keselamatan Intan 2019 ini dapat mendorong tercapainya tujuan operasi, yaitu meningkatkan kedisiplinan masyarakat dalam berlalulintas di jalan raya, meminimalisasi pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas, menurunkan tingkat korban kecelakaan, dan meningkatnya kepercayaan masyarakat terhadap Polri dengan membentuk opini positif dan citra tertib dalam berlalu lintas,” harap mantan Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, ini.

Kasat Lantas Polres Banjar AKP Indra Agung Perdana Putra, saat ditemui koranbanjar.net mengatakan, Operasi Keselamatan Intan 2019 dilaksaksanakan serentak diseluruh Indonesia yang dilaksanakan selama 2 minggu ke depan.

“Operasi ini dilaksanakan dalam rangka pengamanan menjelang bulan suci Ramadhan dan hari raya idul fitri 1440 H, dengan fokus penindakan pelanggaran lalu lintas, juga sosialisasi kepada masyarakat tentang kesadaran berlalulintas,” tandas Indra. (fia/dra)

Read Previous

Ratusan Rider Ikuti Trail Game Hayau Barait di Sirkuit Pantai Gedambaan, Bupati Kotabaru Inginkan Ini

Read Next

Bupati Jafar Resmikan Masjid Al Hamid Desa Tarjun

Tinggalkan Balasan