oleh

Nasabah Bingung Saldo Berkurang Drastis, Pihak Mandiri Sebut Ada Eror

MARTAPURA, koranbanjar.net – Nasabah Bank Mandiri konvesional, Sabtu (20/7/2019) pagi, dikejutkan dengan berubahnya jumlah saldo. Pantauan koranbanjar.net, banyak nasabah yang mengeluhkan raibnya saldo di rekening mereka secara drastis.

Di Twitter, cuitan terkait errornya Bank Mandiri online menjadi tranding teratas. selain saldo yang raib, sebagian nasabah ada yang mengaku saldonya malah bertambah. Salah satu nasabah asal Martapura Kota, kabupaten Banjar M Danial Afansyah mengaku kebingungan saldonya 7 juta lebih menghilang. Bahkan aplikasi Mandiri Mobile, ujarnya juga ikut eror tidak bisa dibuka.

“Saat masih bisa mencek saldo, di situ saya mengetahui saldo saya hilang hamper 8 juta,” ujar Danial kepada koranbanjar.net. Diakuinya, saldo miliknya tidak hilang 100 persen.

Dirinya mengaku kebingungan mau mengadu ke mana saldonya yang hilang. “Mau mengadu ke kantor bank hari ini kan lagi libur. Bingung mau ke mana,” ucapnya.

Sementara dilansir dari cnn.indonesia.com, pihak Bank Mandiri menyebut kerusakan layanan yang mengakibatkan perubahan pada saldo, akibat eror pada sistem teknologi informasi (IT).

“Terdapat 10 persen kekeliruan jumlah saldo. Ini eror di IT waktu akhir hari di-back-up,” kata Corporate Secretary Bank Mandiri Rohan Hafas di Jakarta, Sabtu (20/7/2019).

Rohan menegaskan, eror ini bukan terjadi karena fraud atau penipuan. Ia menjelaskan, kerusakan terjadi saat proses tutup buku di akhir hari, yaitu saat data sementara dipindahkan ke server back-up dan server inti justru memproses transaksi di hari sebelumnya.

Mandiri menegaskan bahwa mereka mengetahui seluruh saldo asli nasabah pada dan saat ini sedang memproses pemeriksaan ganda (cek and double check) untuk mengembalikan saldo ke posisi semula.

“Ada saldo yang bertambah dan ada yang berkurang. Ini membuktikan bukan fraud,” katanya.

Rohan juga menyebut dana nasabah tidak akan berkurang karena kerusakan pada sistem layanan ini dan akan kembali dalam waktu dua jam ke depan.

Bagi nasabah yang saldonya belum kembali ke posisi semula, atau masih terdampak eror, Mandiri menyarankan untuk menghubungi via email atau call center.

“Kami memohon maaf atas kejadian ini. Saat ini kami sedang melakukan normalisasi saldo nasabah dan kami juga memastikan bahwa dana nasabah tetap aman serta tidak hilang,” kata Rohan Hafas. (dra)

Komentar

Berita Terkini