Kombes Pol. Dr. Faizal Ramdhani, S.Sos,. S.I.K,. MH

Mudah Dihafalkan, Berikut Beragam Doa Buka Puasa Latin dan Artinya

  • Bagikan
Ilustrasi puasa, muslim berdoa, niat puasa, makan dan doa buka puasa (Elemen Envato)
Ilustrasi puasa, muslim berdoa, niat puasa, makan dan doa buka puasa (Elemen Envato)

Doa buka puasa ada beberapa macam, berikut adalah doa buka puasa yang umum dilafalkan dan bisa dengan mudah dihafalkan. 

Koranbanjar.net – Berbuka puasa adalah kegiatan yang dilakukan oleh umat muslim untuk membatalkan puasa yang sudah dilakukan. Buka puasa dilakukan pada waktu maghrib dengan makan dan minum secukupnya.

Doa berbuka puasa dua jenis, keduanya sah-sah saja dibaca untuk berdoa sebelum berbuka puasa. Hal itu karena berbuka puasa adalah bentuk reprsentasi dari melepaskan pakaian dunia dari alam pikiran dan membangkitkan spirit ketuhanan yang ada pada dalam diri, sebagai bentuk ketakawaan yang sudah dilatih dari terbitnya fajar hingga tenggelamnya matahari.

Berikut adalah dua macam doa buka puasa yang telah dirangkum Suara.com jaringan koranbanjar.net.

Bacaan Latin Doa Berbuka Puasa

Allahumma laka shumtu wa bika amantu wa’ala rizqika afthartu. Birrahmatika yaa arhamar roohimin.

Artinya:

“Ya Allah, untukMu aku berpuasa, dan kepadamu aku beriman, dan dengan rezekiMu aku berbuka. Dengan rahmatMu wahai yang Maha Pengasih dan Penyayang.” (HR Bukhari dan Muslim).

Dzahabaz zhama’u wabtallatil ‘uruqu wa tsabatal ajru, insyaallah

Artinya:

“Telah hilang rasa haus, dan urat-urat telah basah serta pahala telah tetap, insya Allah.”

Manfaat Berdoa Buka Puasa

Membaca doa untuk adalah bentuk rasa syukur kita atas segala rahmat dan anugrah yang diberikan kepada kita. Ada beberapa alasan mengapa kita harus membaca doa berbuka puasa, diantaranya adalh:

1. Sebagai Bentuk Rasa Syukur Kita

Setelah menjalankan puasa, kita menunjukan rasa syukur kita kepada Allah atas segala rizqi yang dilimpahkan dengan cara berdoa sebelum berbuka. Rasa terima kasih atas pemberian rezeki sehingga kita masih diberikan kesempatan untuk menyantap makanan berbuka. Bagi setiap Muslim mengingat tuhan setiap waktu adalah bentuk dari ketakwaan

2. Meningkatkan Rasa Sabar Kita

Membaca doa sebelum menyantap makanan buka puasa adalah bentuk rasa sabar kita, semakin sering kita berpuasa maka akan semakin tinggi juga rasa sabar kita. Contohnya adalah ketika kita tidak terbuur-buru dalam mengambil dan memakan makanan saat berbuka, ini adalah bagian dari melatih rasa disiplin, kesabaran dan ketenangan batin

3. Meningkatkan Ketakwaan kita

Rasa sabar dan syukur adalah latihan kita dalam meningkatkan ketakwaan kita kepada Allah SWT, tujuan kita menignkatkan ketakwaan adalah semakin mendekatkan diri kepada sang pencipta. Kita selalu berdoa agar setiap kehidupan kita senantiasa dilimpahkan rezeki dan rahmatnya.

Macam-Macam Puasa

Puasa terbagi menjadi dua, yaitu puasa wajib dan puasa sunnah

1. Puasa Ramadhan

Puasa Ramadhan adalah puasa yang paling dikenal, karena merupakan puasa yang wajib dijalankan oleh seluruh umat Muslim. Puasa yang dilakukan selama 1 bulan penuh ini diwajibkan bagi mereka yang sudah baligh.

2. Puasa Nazar

Puasa ini dilakukan sebagai bentuk tanggung jawab atas apa yang sudah dijanjikan, Nazar memiliki arti janji. Puasa ini termasuk puasa wajib karena sudah melakukan janji.

3. Puasa Denda atau Kifarat

Puasa ini dikenal sebagai puasa untuk melunasi denda, denda yang muncul karena pelanggaran hukum. Contohnya tidak menjalankan puasa wajib pada bulan Ramadhan. Tujuan dari puasa Kifarat adalah untuk menghapus dosa-dosa yang telah dilakukan

Itulah doa buka puasa dan macam-macam puasa. Selamat beribadah! (suara)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *