oleh

Maskot, Logo, Dan Tagline Porprov XI Kalsel Diluncurkan

KANDANGAN, koranbanjar.net – Maskot, logo, dan tagline untuk pagelaran Porprov XI Kalsel dilaunching Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Hulu Sungai Selatan (HSS), Sabtu (30/11/2019) saat acara senam sehat, jalan santai dan gowes bareng Bupati dan Wakil Bupati HSS, di Taman Palidangan Sehati Kandangan.

Kabupaten HSS ditetapkan menjadi tuan rumah Porprov XI Kalsel pada 2021 mendatang.

Si Tinjau menjadi nama maskot untuk Porprov Kalsel. Si Tinjau merupakan perwujudan dari burung, yang populasinya banyak di HSS.

Maskot, Logo, Dan Tagline Porprov XI Kalsel Diluncurkan
Maskot burung Tinjau sebagai maskot resmi Porprov XI Kalsel di HSS. (isitimewa)

Burung Tinjau sangat terkenal dan digemari kebanyakan masyarakat HSS, dengan karakter lincah dan gesit di udara maupun di darat. Dengan warnanya yang khas, dapat menarik perhatian bagi yang melihatnya. Menghibur dan mampu memberikan tontonan menarik, suara lantang, dan merupakan burung yang sering dilombakan.

Pada maskot tersebut, Si Tinjau diposisikan sedang berlari, sebagai penggambaran mengejar prestasi. Lalu sayap mengepak tanda siap berjuang, dan tangan menggenggam obor sebagai komitmen sportivitas dan semangat juang.

Si Tinjau mengenakan atribut medali simbol prestasi dan kejayaan. Serta mengenakan laung di kepala, yang merupakan pakaian tradisional suku Banjar, menyimbolkan harkat dan martabat.

Mengenai Logo, gambar utama membentuk tugu dodol yang terletak di pusat kota Kandangan, terdapat siluet 2 orang di atasnya melambangkan semangat peserta dalam berkompetisi, serta 3 lingkaran bersambung melambangkan sportivitas dalam sebuah kompetisi, serta persatuan dan kekompakan.

Maskot, Logo, Dan Tagline Porprov XI Kalsel Diluncurkan
Logo Porprov XI Kalsel di HSS. (isitimewa)

Taglinenya berbunyi “Menjunjung Sportivitas, Berprestasi di Bumi Antaludin”, maknanya meskipun berkompetisi tetap mengedepankan sportivitas dalam pertandingan, demi berprestasi di Kabupaten HSS.

Maskot merupakan karya Jayadi Nor, Logo adalah karya Farida Ariyani, dan Tagline karya dari Al Ikhwan Humaidi. Ketiganya diambil dari juara 1 dalam sayembara masing-masing kategori.

Launching Maskot, Logo dan Tagline Porprov XI Kalsel ditandai dengan pemukulan gong oleh Bupati HSS Achmad Fikry, dan melepaskan 14 ekor burung Merpati ke udara. (yat/dra)

Komentar

Jangan Lewatkan