Lima Desa di Tabalong Rentan Pangan

oleh -118 views
Bupati Tabalong, Anang Syakhfiani pada acara syukuran panen padi sawah beberapa waktu lalu (foto: ist/koranbanjar.net)

TANJUNG, KORANBANJAR.NET – Lima desa di Kabupaten Tabalong, masuk dalam kategori rentan –pangan karena terbatasnya sarana dan prasarana distribusi pangan.

Kabid Ketersediaan Pangan, Dinas Ketahanan Pangan setempat, Khairin di Tanjung, Sabtu (16/2) mengatakan, lima desa tersebut masing-masing Desa Salikung, Binjai, Kumap, Pampanan dan  Hapalah.

“Untuk desa rentan pangan, akses distribusi memang cukup sulit karena berada dalam kawasan hutan,” katanya.

Istilah rentan pangan berbeda dengan rawan pangan. Kalau rentan itu konsumsinya lebih tinggi dari ketersediaan pangan, sedangkan rawan pangan artinya memang sudah tidak ada lagi makanan.

Untuk menjamin ketersediaan pangan daerah, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tabalong kini membangun gudang cadangan pangan.

Menurut Sekretaris Dinas Ketahanan Pangan setempat, Faridah, gudang pangan yang dibangun memiliki kapasitas penyimpanan sebanyak 100 ton.

“Pembangunan gudang pangan itu sendiri merupakan bantuan pemerintah pusat,” ujarnya.

Untuk wilayah Kalimantan Selatan (Kalsel), tercatat hanya Kabupaten Tabalong yang belum memiliki gudang cadangan pangan.

Meski Tabalong merupakan kawasan dengan surplus beras, namun tetap dibutuhkan gudang cadangan pangan sebagai antisipasi terjadinya krisis pangan.

Data Dinas Ketahanan Pangan setempat menyebutkan, total produksi pangan sebanyak 140.222 ton dengan jumlah surplus 57.114 ton.

Sedang jumlah ketersediaan beras tercatat sebanyak 87.975 ton dan kebutuhannya hanya 30.861 ton yang tersebar di 12 kecamatan. (ndi)

Jasa Karangan Bunga di Kalimantan Selatan