Kenalkan Parpol pada Masyarakat di Pinggiran Sungai, KPU Kalsel lakukan ini

BANJARMASIN, koranbanjar.net – Demi mengenalkan parta politik (Parpol) yang akan berlaga dalam Pemilu 2019 kepada masyarakat yang bermukim di pinggiran sungai, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kalsel melakukan susur sungai di Sungai Martapura dan Sungai Barito di wilayah Kota Banjarmasin dengan menggunakan puluhan kelotok yang dihiasi dengan berbagai macam lambang dan atribut dari masing-masing Parpol, Minggu pagi (8/4).

Susur sungai dalam rangka pengenalan sejumlah Parpol kepada masyarakat ini dimulai pada pukul 08.00 Wita dari siring Sungai Martapura Banjarmasin dengan melibatkan 15 Parpol.

Dijelaskan Ketua KPU Provinsi Kalsel, Samahuddin Muharam, acara tersebut sebagai bentuk sosialisasi kepada masyarakat guna mengenalkan nomor urut para Parpol yang berlaga dalam Pemilu 2019.

Menurut Samahuddin, sosialisasi pengenalan Parpol dengan tema Kirab Susur Sungai Partai Politik Peserta Pemilu 2019 ini dilakukan mengingat banyaknya masyarakat pemilih yang bermukim di pinggiran sungai di wilayah di Banjarmasin. “Untuk itu kita perlu mengadakan kirab susur sungai ini agar mereka yang bermukim di pinggiran sungai lebih mengenal parpol yang nantinya akan mereka pilih,” ujarnya.

Ditambahkan Samahuddin, sosialisasi pengenalan Parpol yang termasuk dalam proses tahapan menuju Pemilu 2019 tersebut dilakukan di atas sungai agar proses pelaksanaan tahapan Pemilu pada tahun ini berbeda dari tahun sebelumnya. “Kita ingin style kirab pemilu tahun ini berbeda dari tahun sebelumnya. Selama ini kirab kita lakukan di darat, namun tahun ini kita laksanakan di sungai,” katanya.

Selain itu diungkapkan Samahuddin, sosialisasi pengenalan Parpol berkonsep susur sungai ini juga diharapkan secara tidak langsung dapat mempromosikan destinasi wisata air di Banjarmasin di lingkup nasional maupun internasional. (leo/dny)