oleh

Kapal Nelayan KM Pieces Bersama 37 ABK Tenggelam di Perairan Kotabaru

KOTABARU, koranbanjar.net – Kapal nelayan asal Pekalongan, Jawa Tengah, Kapal Motor (KM) Pieces, dilaporkan tenggelam di wilayah perairan Kabupaten Kotabaru, Selat Makassar. Kapal membawa 37 orang, terdiri dari 32 ABK termasuk nahkoda dan 5 orang pelajar magang.

Dari informasi dihimpun, KM Pieces berangkat dari Pelabuhan Pekalongan pada Senin (22/7/2019) sekitar pukul 07.00 WIB. Namun kapal kemudian hilang kontak pada Senin (29/7/2019), dan tidak bisa dihubungi lagi melalui radio hingga Rabu (31/7/2019).

Kemudian sekitar pukul 10.00 Wita, Rabu siang, empat korban KM Pieces ditemukan oleh ABK kapal perikanan dari Pekalongan yang melintas di Perairan Sulawesi Makasar. Saat ditemukan, empat korban dalam keadaan terombang-ambing di lautan. Dua korban di antaranya ditemukan selamat, namun dua lainnya sudah meninggal dunia.

Lalu pada Kamis (1/8/2019), dua korban lainnya juga ditemukan oleh kapal nelayan. Satu ditemukan selamat, sedangkan satu korban lainnya ditemukan dalam kondisi meninggal dunia.

Kepala Pos Basarnas Kotabaru, Teguh, saat di konfirmasi Jumat (2/8/2019) siang, mengatakan pencarian korban tenggelam sudah dilakukan tim Basarnas Banjarmasin.

“Kami masih menunggu perintah untuk kabar korban yang ditemukan. Jika korban memang dibawa (dievakuasi) ke Kotabaru kami siap membangun posko,” katanya.

Terkait enam korban yang sudah ditemukan, Teguh mengatakan Basarnas Kotabaru belum mendapat identitasnya dan masih menunggu informasi dari kantor SAR Banjarmasin.

Dia juga belum bisa memastikan tujuan evakuasi korban apakah ke Kotabaru atau ke Banjarmasin. “Yang jelas saat ini korban sudah (dievakuasi) di kapal,” ucapnya.

Informasi lain menyebutkan, enam korban yang ditemukan sedang dalam perjalanan evakuasi menuju Pekalongan. Hingga berita ini diturunkan, belum diketahui penyebab KM Pieces tenggelam. (cah/dny)

Komentar

Dari Rubrik Pilihan: