Kandangan Open 2019, Kejuaraan Pencak Silat Remaja Pertama Kalsel

oleh -392 views
Foto Ilustrasi: Duel silat dalam kejuaraan

KANDANGAN, KORANBANJAR.NET – Pengurus Kabupaten (Pengkab) Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Hulu Sungai Selatan akan menggelar kejuaraan Pencak Silat se-Kalsel tingkat remaja, di Gedung Olahraga dan Seni (GOS) Aluh Idut, Kandangan, awal Februari nanti.

Rencananya, kejuaraan pencak silat regional Kalsel untuk pertama kalinya ini akan diadakan dengan tema “Kandangan Open 2019”.

Saat ditemui koranbanjar.net di Kantor Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) HSS, awal pekan lalu, Ketua IPSI HSS, Rahmani, menjelaskan bahwa kejuaraan silat ini bertujuan untuk pembinaan para pesilat khususnya pesilat remaja, agar mendapatkan pengalaman sekaligus untuk melatih kesiapan panitia Cabor Pencak Silat pada perhelatan PORPROV X HSS 2021 mendatang,

Karena, menurutnya, dalam Kejurprov Pencak Silat di Banjarmasin sebelumnya, awalnya sudah ada rencana untuk mengadakan kejuaraan silat tingkat remaja selain tingkat dewasa. Namun, Rahmani mengatakan, tingkat remaja tersebut ternyata dibatalkan oleh pihak provinsi.

“Padahal persiapan, latihan dan sebagainya sudah lama dilakukan, tapi ternyata tidak jadi dipertandingkan. Jadi kami merasa kasihan dengan mereka (atlet remaja),” ungkapnya.

Atas hal tersebut, kemudian pihaknya mencoba menggagas untuk melaksanakan kejuaraan pencak silat tingkat remaja se-Kalsel, Lalu, setelah dilakukan beberapa kali pertemuan dengan pengurus IPSI HSS, maka diputuskanlah untuk mengadakan kejuaraan silat tingkat remaja se-Kalsel dengan nama Kandangan Open 2019.

“Rencana awalnya padahal mau se-banua 6 saja, karena belum ada even terbuka semacam ini di Kalsel, tetapi dalam perbincangan saya dengan pengurus IPSI kabupaten lain saat Kejurprov kemarin, mereka antusais. Jadi ya sudah, kita putuskan kejuaraannya untuk tingkat se-kalsel,” terangnya. (mj-025/dny)

Jasa Karangan Bunga di Kalimantan Selatan