Religi  

Inilah Cara Mengecek Daftar Pemilih Tetap Pemilu 2019 di Android

KORANBANJAR.NET Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2019 sudah ditetapkan. Di Kalsel, KPU telah menetapkan 2.896.166 DPT yang tersebar di 13 kabupaten/kota. Kendati demikian, KPU mengimbau agar masyarakat mengecek kembali keterdaftarannya.

Untuk mengetahui pakah sudah terdaftar sebagai DPT ata belum, Anda bisa mengecek dengan dua cara ini.

Pertama, Anda datang langsung ke kantor desa/kelurahan domisili. Di situ, petugas akan membantu untuk mengecek keterdaftaran Anda dalam DPT.

Cara kedua, melalui portal sidalih3.kpu.go.id. Anda cukup menggunakan ponsel dan jaringan internet, tanpa harus ke kantor desa/kelurahan.

Adapun langkah-langkahnya, silahkan Anda buka di sini.

Pada tampilan awal Anda diarahkan untuk mengisi kolom; provinsi, kabupaten, nama sesuai KTP dan Nomor Indok Kependudukan (NIK).

Silahkan diisi semua kolom sesuai yang tertera pada e-KTP, kemudian klik ikon ‘cari pemilih’.

Jika nama Anda sudah terdaftar sebagai DPT, maka akan muncul di portal; nama, NIK, nomor TPS, jenis kelamin, kelurahan, kecamatan, kabupaten dan provinsi Anda. Pastikan semua hasil data sudah benar.

Di situ juga terdapat peringatan tertulis; “Jangan upload screenshot hasil pencarian ini ke media sosial tanpa sensor pada bagian NIK sebab mengandung tanggal lahir Anda.”

Jika tidak terdaftar sebagai DPT atau salah memasukkan data, maka hasil tidak akan keluar. Selamat mencoba! (dra)