MTQ Nasional Kalsel

Ini yang Diperlukan Argentina agar Lolos ke 16 Besar

PIALA DUNIA 2018 RUSIA, KORANBANJAR.NET – Imbang melawan Islandia dengan skor 1-1 dan kalah dengan Korasia dengan skor 3-0 membuat Argentina menjadi juru kunci Grup D Piala Dunia 2018 Rusia dengan hanya mengumpulkan satu poin dari dua pertandingan tersebut.

Meski berada di unjuk tanduk, Argentina masih mempunyai peluang lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2018, namun tentu harus ada beberapa hal yang diperlukan Argentina untuk menentukan kelolosan tersebut.

Seperti diketahui, laga penentu Grup D akan dimainkan secara bersamaan pada hari ini, Rabu (27/6), yakni Islandia vs Kroasia dan Nigeria vs Argentina. Di antara 4 tim tersebut, cuma Kroasia yang sudah memastikan diri lolos ke 16 besar Piala Dunia 2018.

Berikut klasemen sementara Grup D Piala Dunia 2018:

NO TIM MAIN MENANG SERI KALAH GOL KEBEBOLAN SELISIH GOL  

POIN

 

1. Kroasia Dua Dua Nol Nol Lima Nol Plus Lima Enam
2. Nigeria Dua Satu Nol Satu Dua Dua Nol Tiga
3. Islandia Dua Nol Satu Satu Satu Tiga Min Dua Satu
4. Argentina Dua Nol Satu Satu Satu Empat Min Tiga Satu

Sedangkan untuk lolos menuju babak 16 besar, ini yang diperlukan Argentina dan skenario kelolosan 3 tim lainnya yang dicatat koranbanjar.net:

  • Untuk benar-benar menjamin kelolosan, Argentina harus mengalahkan Nigeria seraya berharap Islandia tidak menang melawan Kroasia.
  • Jika Argentina dan Islandia sama-sama menang, untuk lolos, Argentina harus bisa mengungguli selisih gol dari Islandia.
  • Jika Argentina dan Islandia sama-sama menang dan mengantongi jumlah gol dengan hasil identik, posisi akhir akan ditentukan dengan jumlah kartu. Sementara, sejauh ini pemain Argentina sudah mendapat 3 kartu kuning, sedangkan para pemain Islandia belum pernah mendapatkan kartu.
  • Kroasia sudah dipastikan lolos dan cuma perlu satu poin melawan Islandia untuk mengakhiri babak penyisihan di Grup D dengan predikat sebagai juara grup, walaupun keunggulan selisih gol yang didapat Kroasia saat ini membuat mereka nyaris memastikan posisi pertama.
  • Nigeria harus mengalahkan Argentina untuk menjamin kelolosan, walaupun hasil imbang saja cukup asalkan Islandia tidak mengalahkan Kroasia.
  • Untuk lolos, Islandia harus mengalahkan Kroasia dan berharap Nigeria tidak menang dari Argentina. Jika Nigeria seri, Islandia harus menang setidaknya dengan hasil dua gol untuk menyamai selisih golnya, dan kalau catatan mereka identik, Nigeria akan lolos berkat head to head. Apabila Argentina menang melawan Nigeria, maka untuk lolos, Islandia pun harus menang saat melawan Kroasia dengan hasil skor sama atau lebih banyak. (dny)