Industri dan Batubara Mengikis Meratus

oleh -169 views

BANJARMASIN,KORANBANJAR NET – Meratus saat ini tidak lagi menjadi kawasan penghijauan yang asri,alami,sejuk dan sarat akan budaya.Keasliannya saat ini berubah menjadi kawasan industri pertambangan batu bara yang sedikit demi sedikit telah mengikis pegunungan di daerah tersebut.

Untuk menjaga yang masih tertinggal dan tetap memilira kelestariannya, pra tokoh masyarakat,tokoh agama, akademisi, bahkan tokoh politisi dari berbagai elemen masyarakat di Kalimantan Selatan masih berjuang keras mempertahankan pegunungan di wilayah tenggara yang membelah Kalsel tersebut.

Salah satu tokoh politik perempuan, Agustin Nur Martina Putri tidak mau ketinggalan ikut berjuang mempertahankan kesinambungan Meratus.

Melalui suatu even yang Ia kemas sebagai bentuk keperduliannya terhadap Meratus, ialah dengan mengadakan lomba mewarnai tingkat TK dan SD di wilayah Kalsel yang mengambil tema “Save Meratus Coloring Competition” Pegunungan Meratus untuk masa depan yang lebih berwarna.

Dalam lomba yang diikuti oleh pelajar TK dan SD kelas satu dan dua tersebut mengharuskan mereka mewarnai gambar alam pegunungan, pepohonan dan lain sebagainya yang berkaitan dengan gunung.

Di sela even yang di selenggarakan di Hotel Eva jalan Ahmad Yani Km 7 Kabupaten Banjar,Agustin bertutur bahwa kegiatan ini dalam rangka meningkatkan kreativitas anak,kemudian mengenalkan dan menumbuhkan kecintaan kepada alam.

“Mengapa saya menyelenggarakan lomba ini,adalah karena ingi meningkatkan kreativitas anak dan mengenalkannya terhadap lingkungan,serta mengajarkan kembali untuk mencintai alam,” ujarnya kepada koranbanjar.net Sabtu(19/01/2019).

Menurutnya pegunungan Meratus memiliki sumber daya alam yang sangat kaya,namun ironisnya masyarakatnya tidak menikmatinya hasil dari kekayaan alam tersebut.

“Pada waktu saya berkunjung kesana,Saya mendengarkan langsung mereka mengeluh, kegelisahan yang terus-menerus karena lahan mereka sudah menjadi industri tambang,”ungkapnya.

Ia berharap untuk masa depan Meratus agar hasil sumber daya alamnya dapat dirasakan sleh generasi akan datang.

“Saya sangat berharap agar sumber daya alam meratus dapat dirasakan oleh generasi kita akan datang secara terus menerus,jangan sampai tidak dapat menikmati hasilnya, Harap Agustin.

Terlepas dari even Save Meratus Coloring,Agustin sebagai Calon legislatif DPD RI dari Independen,mengemukakan Visi dan Misinya.

“Kita ingin kesejahteraan masyarakat Meratus yang dipikirkan lebih utama,ok misalkan lahannya dipakai untuk tambang,tetapi di sana tidak ada sumbangsihnya, kontribusinya kepada masyarakat seperti apa, “paparnya.

Sarjana Hukum muda dan cantik ini juga menginginkan pemerataan pembangunan ekonomi di seluruh daerah,tentunya juga akan meningkatkan kesejahteraan ekonomi serta pendidikan.

“Apalagi sayasebagai perempuan,harus dapat mem
perjuangkan suara perempuan di parlemen” tandas caleg nomor urut 22 ini.

Sementara itu Pakar Ilmu Komunikasi Fisip ULM,Noviana menilai apa yang dilakukan oleh Agustin adalah sesuatu yang sangat bagus khususnya memberikan pemahaman kepada anak-anak mengenai kewajiban untuk menjaga dan memelihara lingkungan hidup.

“Saya rasa apa yang dilakukan Agustin saat ini sangatlah bagus dan harus kita dukung karena tujuannya selain meningkatkan kreativitas anak,juga menumbuhkan rasa cinta kepada pegunungan,dan melestarikannya, “pungkas Noviana sembari menginginkan even ini harus dilaksanakan(al)sir)

Jasa Karangan Bunga di Kalimantan Selatan