oleh

Harga Kebutuhan Pokok Naik Jelang Ramadan, ini yang Dilakukan Bupati

KANDANGAN, KORANBANJAR.NET – Menyikapi sejumlah kebutuhan pokok yang mengalami kenaikan harga di Pasar Los Batu Kandangan mejelang Ramadan tahun ini, Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS), Acmad Fikry mulai mempertimbangkan operasi pasar murah.

“Karena harga barang (pasar murah) jauh lebih murah kan. Nanti jangan sampai ada yang membeli di sana (pasar murah) tapi kemudian menjualnya kembali, jadi harus selektif,” tegas Bupati Fikry saat meninjau harga barang kebutuhan pokok di Pasar Los Batu, Kamis (2/5/2019) pagi.

Bupati Fikry mencontohkan, berdasarkan pantauannya, harga beras lokal mengalami kenaikan. Sebaliknya, harga beras dari luar seperti beras Jawa justru mengalami penurunan harga. Menurutnya penurunan harga beras Jawa dikarenakan di daerah Jawa sedang panen padi.

Selain beras, Bupati HSS dua kali periode itu juga mendapati kenaikan pada harga bawang. Padahal, ujar bupati, sebenarnya HSS merupakan salah satu daerah penghasil bawang.

Untuk itu dia akan meminta pihak Dinas Pertanian HSS untuk dapat mengatur jadwal tanam bawang agar saat menjelang Ramadan sudah dapat dipanen.

“Saya akan minta Dinas Pertanian mulai mendiskusikan dengan kelompok-kelompok tani untuk mengatur pola tanam bawang,” ucapnya.

Seorang penjual beras di Pasar Los Batu, Ipau mengatakan harga beras lokal rata-rata naik seribu rupiah, sedangkan harga beras Jawa mengalami penurunan harga dari Rp 7 ribu menjadi Rp 7 ribu per liter.

“Sebenarnya naiknya sudah lama, bukan karena jelang Ramadan ini. Sebab kita di sini belum panen (padi), jadi stok beras lokal kita sedang sedikit. Kalau di Jawa mereka sudah panen,” terangnya.

Sementara menurut penjual daging ayam, Hadi, dalam beberapa minggu ini ia terpaksa menaikkan harga jual daging ayam dari kisaran Rp 32 ribu per kilogram menjadi Rp 35 ribu per kilogram lantaran harga daging ayam di tempat langganannya sudah mengalami kenaikan.

“Langganan-langganan yang beli ke saya juga mulai mengeluh, tapi kalau dari yang jual ayamnya harganya sudah naik, kalau kita tidak menaikkan jadinya kita yang bisa rugi,” tuturnya.

Sedangkan harga gula, dikatakan pedagang lainnya, Ayu, saat ini mencapai Rp 15 ribu per kilogram, bawang merah dan putih masing-masing Rp 45 ribu per kilogram. Padahal sebelumnya harga bawang hanya dikisaran Rp 42 per kilogram.

Menurut banyak pedagang di Pasar Los Batu Kandangan, kenaikan harga pada sejumlah barang kebutuhan pokok disebabkan stoknya sedang mengalami penurunan. Sedangkan permintaan barang, diprediksikan para pedagang akan terus meningkat hingga Ramadan nanti. (yat/dny)

Komentar

Berita Terkini