oleh

Dua Provinsi Positif Terinfeksi Korona, Kalsel Berlakukan Tanggap Darurat

BANJARMASIN, koranbanjar.net – Memandang dari dua provinsi tetangga positif mengidap virus Korona, yakni Kalimantan Tengah dan Timur, akhirnya Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan meningkatkan status dari siaga darurat menjadi tanggap darurat.

Menurut Sekretaris Daerah, Harris Makki, langkah yang diambil ini berdasarkan pertimbangan preventif untuk menjaga ketenangan dan ketentraman.

“Oleh sebab itu, standar operasional prosedur (SOP) tanggap darurat pun akan diberlakukan,” ujarnya saat jumpa pers, Sabtu (21/3/2020) di Mahligai Pancasila Banjarmasin.

“Kita juga sudah berkoordinasi dengan kabupaten atau kota yang berbatasan langsung dengan dua provinsi tersebut,” ungkapnya.

Dalam mengambil keputusan ini, lanjut Harris, Pemprov Kalsel telah berkoordinasi dengan pemerintah pusat, yakni Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB)

“Meskipun hasil dari enam pasien dalam pengawasan (PDP) yang dikirim ke pusat masih belum diterima. Tetapi, berdasarkan pertimbangan aspek-aspek psikologi masyarakat, maka Kalsel melakukan langkah preventif,” jelasnya.

Seluruh petugas, sambung dia, akan melakukan screening atau cegah tangkal di daerah perbatasan, khususnya pada jalur darat dan sungai.

“Kalau saat pemeriksaan terdapat warga Kalsel yang terdeteksi, maka akan ditangani langsung. Sedangkan warga lain akan dikembalikan di tempat asal,” cetusnya.

Ia berharap masyarakat tetap tenang dan setiap langkah yang diambil akan berjalan dengan baik.(yon/ags)

Komentar

Jangan Lewatkan