Dramatis, Rusia Kalahkan Spanyol dengan Drama Adu Penalti

PIALA DUNIA 2018 RUSIA, KORANBANJAR.NET – Selama 90 menit ditambah perpanjangan waktu 2×15 menit, laga Rusia vs Spanyol hanya bermain imbang 1-1.

Gol pertama untuk Spanyol dicetak oleh pemain bek Rusia, Sergei Ignashevich, ke gawangnya sendiri. Kesalahan Ignashevich yang tengah mengawal Sergio Ramos di dalam kotak penalti Rusia membuatnya secara tak sengaja melakukan gol bunuh diri pada menit 11. Spanyol  pun sempat memimpin pertandingan dengan skor 1-0 atas Rusia.

Namun, sebelum babak pertama usai, bek berpostur jangkung Spanyol, Gerard Pique yang mencoba menghalau bola dengan kepalanya menyentuh bola dengan tangannya di dalam kotak penalti Spanyol. Wasit pun memberikan hadiah tendangan penalti untuk Rusia pada menit ke 41.

Tentu kesempatan emas itu tak ingin disia-siakan pemain Rusia. Dzyuba, eksekutor penalti tersebut  berhasil menyelasikan tugasnya. Skor menjadi imbang 1-1.

Selanjutnya, hingga babak kedua berkahir ditambah perpanjangan waktu 2×15 menit, Spanyol terus menggempur pertahanan Rusia. Hal itu membuat 10 pemain Rusia di depan penjaga gawangnya bermain bertahan total.

Hingga tambahan waktu berkahir, kedua tim tetap belum bisa menambah skor. Dengan hasil itu, kemenangan Rusia atau Spanyol terpaksa harus ditentukan dengan adu penalti.

Dalam drama adu penalti, di antara lima algojo penalti Spanyol, hanya tiga pemain saja yang berhasil memasukkan bola ke dalam gawang Rusia, yakni Iniesta, Pique dan Ramos. Sedangkan Koke dan Aspas yang bermain menggantikan Costa, gagal.

Sementara empat pemain Rusia, yakni Smolov, Ignashevich, Golovin dan Cheryshev, semuanya sukses menyelesaikan tugasnya menjadi eksekutor adu penalti.

Dengan hasil imbang 1-1, dan skor adu penalti 4-3 atas kemenagan Rusia, Spanyol pun tersingkir dari babak 16 besar Piala Dunia 2018. Sedangkan tim tuan rumah Rusia, untuk pertama kalinya memasuki babak perempat final Piala Dunia. (dny)