AdvertorialKota Banjarmasin

DPRD Kalsel Rencanakan Kunker ke Luar Negeri

BANJARMASIN,KORAN BANJAR.NET – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kalimantan Selatan (Kalsel) rencanakan pemberangkatan 55 anggotanya ke luar negeri dalam rangka kunjungan kerja (kunker).

Menurut Ketua DPRD Kalsel, H Burhanuddin, rencana kunker tersebut sudah bergulir saat rapat Badan Musyawarah DPRD Kalsel yang dilaksanakan pada 6 Februari lalu.

“Ini masih sebatas wacana, meskipun memang sudah dianggarkan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). Tidak ada kewajiban bagi anggota untuk harus berangkat,” ujarnya kepada wartawan, Kamis (7/2).

Karena masih dalam tahap rencana, maka untuk negara tujuan maupun waktu kunker nantinya, juga belum dipastikan.

“Ada yang ingin (kunker, red) sebelum Pemilu, ada juga yang maunya berangkat setelah Pemilu,” katanya.

Ia menambahkan, Komisi I DPRD Kalsel dalam hal ini telah mengkonsultasikan terkait aturan agar tidak menyalahi.

“Soal payung hukum, tidak masalah. Tidak menyalahi aturan. DPRD daerah lain juga melakukan hal yang sama (kunker ke luar negeri, red),” tambahnya.

Diakui, kunker ke luar daerah memiliki banyak manfaat positif dan memberikan nilai tambah bagi kepentingan pembangunan daerah.

Sementara itu, Kepala Bagian (Kabag) Persidangan Sekretariat DPRD Kalsel, M Zaini mengatakan, untuk keperluan kunker tersebut biaya yang dipatok sebesar Rp65 juta per anggota, meliputi keperluan transportasi, uang saku dan lainnya.

Dengan total anggota dewan yang rencananya berangkat nanti sebanyak 55 orang, maka total anggaran yang dibutuhkan sebesar Rp3,57 Miliar.

Selain anggota dewan, rencananya juga akan diberangkatkan 11 orang staf sebagai pendamping masing-masing komisi, dengan anggaran sebesar Rp40 juta perorangnya. (al)

Tinggalkan Balasan

Close