oleh

Diyakini akan mendapat berkah, Haul Habib Hasan Al Kaff pun diserbu Pedagang Kue Apam dari Barabai

Banjarmasin,koranbanjar.net – Seluruh umat muslim tentunya sangat meyakini akan keberkahan yang merupakan nikmat atau karunia yang diberikan Tuhan untuk umat manusia. Keberkahan itupun dipercayai dapat mendatangkan kebaikan bagi kehidupan umat manusia.

Dengan kekuasaan-Nya, berkah diberikan kepada umat manusia melalui berbagai perantara apa saja. Diantaranya, berkah yang diyakini oleh Bainah, salah seorang pedagang kue apam khas kota Barabai Kalimantan Selatan, adalah mendagangkan kue-kue apam pada acara-acara haul akbar tokoh-tokoh ulama yang ada di Kalsel.

Hal ini bukan tanpa alasan, menurut Bainah, kue apam dagangannya selalu laris manis terjual apabila ia dagangkan pada acara-acara haul akbar. Selain dagangannya laris terjual, Bainah mengaku merasa sangat senang karena bisa menikmati berkah dari haul para ulama sambil berdagang.

Karena itu, pedagang asal Barabai ini tak lagi memikirkan jarak dan waktu apabila ia harus berdagang ke tempat-tempat yang jauh dari kotanya.

Saat ditemui koranbanjar.net dalam acara Haul Akbar Ke-19 Habib Hasan Al Kaff yang dilakasanakan di Majelsi Ahbaburrosul SAW di Komplek Penatu Banjarmasin (11/3), Bainah mengakui, keuntungan yang didapatnya dari hasil berjualan kue apam di acara-acara haul akbar jauh lebih besar dibanding dengan ia menjual kuenya di tempatnya, yaitu Kota Barabai. .”Amun bajualan di kampung dibanding bajualan di acara-acara haul ulama tu jauh banar bedanya, untungnya taganal sadikit lawan berkahnya ada,” tutur Bainah yang mengaku sering datang untuk mendagangkan kuenya di haulan Habib Hasan Al Kaff itu.

Tentu saja nasib serupa tak dialami Bainah sendirian. Selain Bainah, Syarifah yang juga pedagang kue apam dari Kota Barabai, mengalami hal tidak jauh berbeda dengan apa yang diceritakan Bainah.

Malah, Syarifah mengungkapkan, haul ke-19 Habib Hasan Al Kaff tahun ini dihadiri lebih banyak jamaah dibanding haul tahun sebelumnya. “Tahun ini magin banyak jamaah nang datangan, khususnya buhan babinian. Alhamdulillah jualan ulun magin rami nang manukarinya dibanding haul tahun semalam,” ungkapnya. (leo/dny/kie)

Komentar

Dari Rubrik Pilihan: