Baznas

Dalam Sertijab Kepala BI Kalsel, Gubernur Kalsel Mengapresiasi Harymurthy Gunawan

  • Bagikan

BANJARMASIN, koranbanjar.net – Kepala Bank Indonesia (BI) Provinsi Kalsel, Harymurthy Gunawan secara resmi digantikan oleh Kepala BI Kalsel yang baru, Herawanto.

Pergantian Kepala BI Kalsel tersebut dilakukan secara simbolis dengan penyerahan tongkat yang dilakukan oleh Kepala BI Kalsel yang lama, Harymurthy Gunawan kepada Kepala BI Kalsel yang baru, Herawanto di Neptunus Ballroom Hotel Golden Tulip Galaxy Banjarmasin, Senin (2/4).

Turut hadir dalam acara serah terima jabatan (Sertijab) Kepala BI Kalsel tersebut, Deputi Gubernur Bank Indonesia Erwin Rijanto dan Gubernur Kalsel Sahbirin Noor.

Diketahui, sebelum menjabat menjadi Kepala BI Kalsel, Herawanto menjabat sebagai Kepala Grup di Kantor Perwakilan BI Jawa Timur. Sedangan Harymurthy Gunawan selanjutnya akan mengemban jabatan sebagai Kepala Grup di Departemen Manajemen Strategis dan Tata Kelola BI Jakarta.

Dalam acara Sertijab Pimpinan BI Kalsel tersebut, Deputi Gubernur BI, Erwin Rijanto mengatakan dalam sambutannya, acara alih tugas Pimpinan BI Kalsel ini selain merupakan bagian dari kesinambungan kepemimpinan pada BI, juga agar semakin meningkatkan peran Kantor Perwakilan BI dalam menggerakkan perekonomian daerah guna memperkuat ketahanan perekonomian nasional.

Dalam sambutannya tersebut, Erwin Rijanto juga mengungkapkan bahwa pertumbuhan ekonomi global tahun 2018 diperkirakan meningkat dan diikuti dengan kenaikan harga komoditas dunia.

Peningkatan pertumbuhan ekonomi global ini dikatakan Erwin bersumber dari perbaikan ekonomi negara maju dan negara berkembang yang lebih kuat dari perkiraan semula.

Namun demikian, menurut Erwin, sejumlah resiko tetap perlu diwaspadai, baik yang bersumber dari eksternal maupun internal dari dalam negeri.

Sementara Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor dalam sambutannya, memberikan apresiasi kepada Kepala BI Kasel sebelumnya, Harymurthy Gunawan, yang telah berupaya dengan semangat yang tinggi dalam mengemban tugas menjadi Kepala BI Kalsel.

“Saya memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Harymurthy Gunawan atas upaya dan dedikasinya dalam mengemban tugas dan amanah dalam mendorong kinerja perekonomian daerah, pengendalian inflasi dan kelancaran sistem pembayaran serta keaktifannya dalam mendorong pengembangan klaster dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Kalsel,” ujar Gunernur.

Lebih lanjut, Gubernur yang akrab disapa Paman Birin ini menyebutkan, bahwa keberadaan Bank Indonesia sebagai mitra kerja pemerintah daerah secara tidak langsung telah meringankan tugas pemerintah dalam menjaga kelancaran sistem pembayaran.

Seusai acara Sertijab, dalam wawancaranya dengan para awak media, Harymurthy Gunawan mengharapkan Kepala Perwakilan BI Kalsel yang baru, Herawanto, agar dapat meningkatkan kinerja BI Kalsel terhadap masyarakat Kalsel yang membutuhkan pengetahuan perekonomian baik di daerah maupun kota. “Pemerintah dan masyarakat sama-sama memiliki semangat untuk membangun perekonomian di provinsi ini. Jadi kita harus sama-sama bergerak berjuang menggelorakan rakyat,” harapnya. (leo/dny/kie)

  • Bagikan