oleh

Bangunan Mega Proyek Bandara Sudah Mencapai 35%

BANJARBARU, KORANBANJAR.NET – Mega proyek perluasan Bandar Udara (Bandara) Syamsudin Noor terus digenjot dan ditargetkan akan rampung di akhir tahun 2019 mendatang.

Bukan tanpa hambatan, proyek yang akan membuat Bandara Syamsudin Noor benar-benar berbeda ini, banyak mengalami kendala. Seperti masalah pembebasan lahan sampai masalah teknis dalam pengerjaan.

Hal itu, diungkapkan Pimpinan Project Angkasa Pura, Tauchid Purnomo Hadi saat ditemui koranbanjar.net, Rabu (18/07).

“Kebetulan itu yang menangani cabang selaku penyedia lahan, soal lahan yang tenda biru bulan Februari sama lapangan tembak bulan lalu sudah clear, sebagai pelaksana project kita fokus pada pengerjaan fisik di dalam area bandara,” jelasnya.

Untuk kendala lain, tambahnya, hanya kendala kecil seperti hujan yang beberapa waktu lalu sering mengguyur Banjarbaru membuat proses sedikit terhambat, juga terjadinya penurunan kondisi tanah yang terjadi untuk bangunan apron (pelataran pesawat) nantinya.

“Kita masih lakukan penelitian terus, kerjasama dengan tim dari Universitas Lambung Mangkurat (ULM) juga, karena kita nggak mau nantinya terjadi penurunan tanah setelah selesai pembangunan atau diwaktu mulai operasionalnya,” jelasnya lagi.

Infrastruktur dan bangunan pendukung seperti fire station, apron, kantor administrasi, masjid dan beberapa bangunan lain sudah sekitar 35%, sedangkan untuk terminal baru 1%. Dikatakan Tauchid, hampir semua pekerjaan struktur sebenarnya sudah selesai, tinggal electrical dan finishing karena soal itu memang pekerjaan yang tidak bisa diburu-buru, tapi tetap berusaha sesuai target. “Kami berharap dukungan dari seluruh warga banua dan berbagai pihak dapat membantu kelancaran proyek ini yang nantinya akan menjadi kebanggaan warga banua,” harapnya.

“Kita tunggu nanti pas pembukaannya, akan ada banyak hal-hal menarik di bandara baru nanti untuk para pengunjung bandara, maka dari itu saya berharap dukungan dari warga banua dan berbagai pihak untuk kelancaran proyek agar bisa sesuai target dan pastinya yang akan menjadi kebanggaan banua nantinya,” tutupnya sambil tersenyum lebar.(ren/ana)

Komentar

Dari Rubrik Pilihan: