Ajax Rajai Eredivisie dengan 35 Trofi

  • Bagikan
Ajax Amsterdam meraih gelar juara Liga Belanda alias Eredivisie untuk ke-35 kalinya. (Twitter/@AFCAjax)

Ajax Amsterdam semakin mengukuhkan diri jadi tim tersukses di Belanda. Kini De Godenzonen telah mengoleksi 35 trofi juara Liga Belanda alias Eredivisie.

KORANBANJAR – Trofi ke-35 Ajax didapatkan musim ini. Tim besutan Erik ten Hag resmi memenangi trofi usai pesat gol ke gawang Emmen dengan skor 4-0 di Johan Cruijff Arena, Minggu (2/5/2021) malam Wita.

Gelar juara ini jadi raihan kedua Ajax bersama Erik ten Hag yang tenor kepelatihannya sudah berlangsung tiga setengah musim. Bila saja kompetisi musim lalu tidak dihentikan karena COVID-19, bukan tidak mungkin Ten Hag sudah menyumbangkan tiga trofi Eredivisie ke kabinet prestasi Ajax.

Yang jelas, raihan trofi kali ini seolah menandai pesta bagi Ten Hag yang pekan lalu baru menyepakati perpanjangan kontrak hingga 2023 di Johan Cruijff Arena. Secara keseluruhan Ajax mengantungi trofi Liga Belanda ke-35 mereka. Jika ditotal, unggul 11 buah dari pesaing terdekat PSV Eindhoven, demikian dilansir dari Antara.

Ajax yang berada di puncak kini mengoleksi 79 poin dan sudah dipastikan tidak akan bisa dikejar oleh PSV Eindhoven yang tertinggal 15 poin di posisi kedua. Sedangkan Emmen (24), yang harus rela catatan nirkalah delapan pertandingan beruntunnya musnah, tertahan di urutan ke-16 alias zona playoff promosi-degradasi.

Ajax yang memasuki pertandingan hanya butuh satu poin untuk jadi juara membuka keunggulan atas Emmen saat pertandingan belum genap berusia 10 menit melalui kesigapan bek muda Jurrien Timber menyambar bola muntah hasil tembakan Dusan Tadic yang membentur mistar gawang.

Kendati tampil dominan, Ajax belum mampu menambah keunggulan mereka hingga turun minum, demikian juga Emmen yang gagal memanfaatkan empat peluang sepanjang babak pertama.

Keunggulan tuan rumah akhirnya digandakan oleh pemain termahal mereka, Sebastien Haller, yang menyelesaikan umpan terobosan Davy Klaassen dengan sepakan kaki kiri terukur di muka gawang Emmen pada menit ke-61.

Lima menit berselang giliran Devyne Rensch yang menjebol gawang Emmen dengan tandukan jarak dekatnya menyambut umpan Tadic demi menambah keunggulan Ajax jadi 3-0.

Davy Klaassen yang pekan lalu jadi bintang kemenangan Ajax turut mencatatkan namanya di papan skor laga kali ini pada menit ke-74 dengan sundulannya untuk mencetak gol keempat tuan rumah.

Tadic hampir melengkapi kemenangan Ajax pada menit ke-80, sayang sundulannya sedikit melenceng dan skor 4-0 atas Emmen tak berubah hingga bubaran. (suara.com)

Berikut daftar juara Liga Belanda satu dasawarsa terakhir.

2020/21 Ajax
2019/20 – (musim dihentikan karena COVID-19, juara ditiadakan)
2018/19 Ajax
2017/18 PSV Eindhoven
2016/17 Feyenoord
2015/16 PSV Eindhoven
2014/15 PSV Eindhoven
2013/14 Ajax
2012/13 Ajax
2011/12 Ajax

Berikut daftar juara terbanyak Liga Belanda sepanjang masa.

35 – Ajax
24 – PSV Eindhoven
15 – Feyenoord
10 – HVV Den Haag
6 – Sparta Rotterdam
4 – Go Ahead Eagles
3 – Koninklijke HFC, HBS Craeyenhout, Willem II
2 – AZ Alkmaar, ADO Den Haag, Heracles Almelo, RC Heemstede, RAP Amsterdam
1 – FC Twente, DOS, DWS, Rapid JC, Be Quick, BVV, HFC, De Volewijckers, Eindhoven, Haarlem Limburgia, NAC Breda, Quick Den Haag, SVV, VV Concordia, SC Enschede

NEWS STORY
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *