Kombes Pol. Dr. Faizal Ramdhani, S.Sos,. S.I.K,. MH

5 Kewajiban Istri Setelah Menikah Menurut Agama Islam

  • Bagikan
5 Kewajiban Istri Setelah Menikah Menurut Agama Islam - Ilustrasi pasangan muslim, wanita muslim, wanita berhijab, keluarga Islam, suami istri muslim (elemen envato)
5 Kewajiban Istri Setelah Menikah Menurut Agama Islam - Ilustrasi pasangan muslim, wanita muslim, wanita berhijab, keluarga Islam, suami istri muslim (elemen envato)

Apa saja kewajiban istri setelah menikah menurut agama Islam? Simak penjelasan berikut ini. Menurut agama Islam, seorang wanita yang sudah menikah atau sudah berstatus istri maka haknya sudah berpindah.

Koranbanjar.net – Dimana yang mulanya wanita tersebut ditanggung oleh ayahnya pasca menikah ia akan berpindah menjadi tanggung jawab suaminya. Lalu bagaimana dengan kewajiban istri setelah menikah?

Perlu anda ketahui bahwa di dalam agama Islam terdapat 5 kewajiban yang harus dipenuhi istri terhadap semuanya. Pasalnya, kelima kewajiban istri setelah menikah tersebut sudah diatur dalam agama. Berikut 5 kewajiban istri setelah menikah.

Kewajiban Istri setelah Menikah

Menurut penjelasan yang dipaparkan oleh Ustadz Rosyid Abu Rosyidah M.Ag terkait dengan kajian pranikah dengan tema pergaulan suami dan istri. Hal ini disampaikan Dewan Konsultasi bimbinganislam.com (BIAS).

Berikut adalah 5 kewajiban istri terhadap suami yang perlu anda ketahui:

1. Taat pada Suami

Ustad Rosyid memaparkan bahwa seorang istri diwajibkan untuk taat kepada suami. Contohnya adalah ketika terdapat sebuah keadaan dimana seorang istri yang memiliki kelebihan pada finansial dibanding dengan suami namun bukan berarti ia tidak harus mentaati suami. Karena bagaimanapun, suami merupakan kepala keluarga yang nantinya harus mepertanggung jawabkannya di akhirat.

2. Menjaga Diri saat Ditinggal Pergi

Saat istri sudah bersuami harga dirinya merupakan harga diri suaminya juga, maka dari itu seorang menjaga diri ketika ia ditinggal pergi oleh suaminya.

3. Memperlakukan Suami dengan Benar

Perlakuan yang baik terhadap suami bisa diartikan pula dengan cara menjaga nama baik suami.

Dengan begitu, istri sebisa mungkin menekan dan menahan egonya, selain itu istri juga harus dapat mempertanggung jawabkan kehormatannya sebagai seorang istri.

4. Melayani Suami

Perlu anda ketahui bahwa melayani suami merupakan kewajiban sekaligus ibadah yang harus dipenuhi seorang istri kepada pasangannya, dengan catatan hal ini dilakukan tidak melanggar aturan Allah.

5. Memenuhi Hasrat Suami

Kewajiban seorang istri yang terakhir adalah memenuhi hasrat suami, hal ini merupakan salah satu hal yang harus dipenuhi oleh seorang istri. Namun hal ini dilakukan dengan catatan istri sedang dalam keadaan baik atau suci, artinya sedang tidak pada keadaan haid dan nifas.

Demikian adalah ulasan tentang 5 kewajiban istri setelah menikah. Semoga dapat memberikan wawasan pengetahuan agama baru untuk anda, terlebih yang nantinya akan menjadi calon istri. (suara/Dhea Alif Fatikha)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *