oleh

Tak Takut Korona, Puluhan Ribu Warga Padati Jalan Teluk Tiram

BANJARMASIN, koranbanjar.net – Rupanya imbauan mengisolasi diri dari penyebaran virus korona tidak berpengaruh sama sekali bagi warga yang menghadiri Haul Akbar Mualim KH Abdus Syukur (Mualim Syukur) yang ke 31. Sedikitnya lebih 50 ribu jamaah itu padati jalan Teluk Tiram Darat Banjarmasin.

Bertempat di Masjid Jami Teluk Tiram Jalan Teluk Tiram Darat Banjarmasin, Minggu (22/3/2020), haul itu bukan saja dihadiri masyarakat Banjarmasin, namun juga ada yang datang dari Kalimantan Timur, Barat dan Palangkaraya.

Hal itu diungkapkan oleh Ketua Panitia haul, Hamdani. Kepada koranbanjar.net ia mengungkapkan, haul akbar Mualim Syukur baru pertama kali dilaksanakan, di mana sebelumnya hanya diselenggarakan di rumah oleh pihak keluarga.

“Alhamdulilah di luar dugaan jamaah sangat antusius mengikutinya, kami tidak menyangka sampai puluhan ribu, bahkan hampir kurang lebih 50 ribu kalau dilihat yang hadir saat ini, mungkin ini keramat beliau,” ujarnya penuh keheranan.

Dinilai berhasil menyelenggarakan acara, Hamdani mengucapkan terimakasih kepada para relawan, emergency, kemudian masyarakat Teluk Tiram dan Telawang yang sudah membantu terlaksananya kegiatan religi ini.

Sementara Wakil Koordinator Lapangan (Korlap) Haul Akbar Mualim Syukur, Muhammad Suriani, mengaku ada beberapa pengaturan masih kurang terkordinir dengan baik.

“Ini kan baru pertama haul akbar dilakukan, makanya masih belum mantap untuk pengaturannya, masih kurang persiapan, namun alhamdulilah semua berjalan lancar,” ucapnya.

Suriani memastikan untuk haul tahun depan, persiapan harus betul-betul matang dan personil akan ditambah.

Disinggung mengenai adanya imbauan pemerintah terkait wabah korona, Suriani menjelaskan, sebelum iimbauan itu keluar, ijin untuk mengadakan acara haul sudah disetujui terlebih dahulu.

“Sebelumnya kami mengadakan rapat, dan alhamdulilah ijin menyelenggarakan kegiatan telah disetujui oleh Pemerintah Kota, itu sebelum himbauan Covid 19 keluar, jadi tidak ada masalah,” terangnya.

Salah satu jamaah haul asal Basirih, ditanya apakah tidak takut tertular virus Korona atau Covid 19 ini, Jamaah perempuan yang bernama Maisarah ini mengatakan sama sekali tidak takut.

“Ngapain takut, saya yakin kok menghadiri haul niatnya kan baik, Allah pasti melindungi dari segala penyakit dan bala, Insya Allah berkat hadir di Haul Guru kita Mualim Syukur, Insa Allah selamat aja kita ,” kata Maisarah yakin.

Senada dengan Maisarah, korona lewat bagi Rusdiansyah, jamaah Teluk Tiram ini merasa yakin berkat Haul Akbar Mualim Syukur virus dan wabah tidak akan mendekat karena Allah melindungi.

“Pokoknya Korona lewat, yang penting bisa menghadiri haul akbar, soal virus Korona kita serahkan saja kepada Allah,” tandasnya.(yon)

Komentar

Dari Rubrik Pilihan: