MTQ Nasional Kalsel

Sudah Tiba di Trisakti Banjarmasin, Para Penumpang Sempat Terjun ke Laut

BANJARMASIN, KORANBANJAR.NET – Musibah kebakaran kapal KM Satya Kencana IX di Laut Jawa atau sekitar 54 mil barat daya Tanjung Selatan Kalimantan Selatan pada Sabtu (4/8) pukul 05.30 WITA, berhasil dievakuasi.

Para penumpang dievakuasi menggunakan Kapal KM Niki SAE, KM Kumala beserta kapal lainnya yang saat itu ada disekitar lokasi kejadian.

Penumpang tiba di pelabuhan Trisakti Banjarmasin, pada pukul 19.00 WITA. Sanak keluarga korban terpantau sejak sore sudah menunggu kedatangan korban di pelabuhan Trisakti Banjarmasin.

Proses evakuasi juga dibantu oleh 2 buah kapal dari perhubungan laut untuk membantu mengevakuasi penumpang kapal KM Satya Kencana IX.

Kapal KM.Satya kencana IX berlayar dari Surabaya menuju ke Banjarmasin.

Saat terjadi kapal terbakar, para penumpang mulai panik, sebagian menceburkan dirinya ke air dan juga ada menggunakan sekoci dan Life Raft KM Niki SAE.

“Saat itu api sudah mulai berkobar setelah sholat subuh, dan kami pun masing-masing untuk menyelamatkan diri. Gelombang saat itu sangat besar, Mas. Tidak sempat menyelamatkan barang-barang saya. Saya selamat pun Allhamdulillah” ungkap Endi salah satu penumpang.

Selain KM Niki SAE, evakuasi juga dibantu beberapa buah kapal seperti KM Kumala serta Tugboat Bina marine 97 yang saat itu berada di seputaran lokasi terbakarnya Satya Kencana IX.

Tim SAR, Lanal, KSOP, SROP, Emergency BPK/PMK Gabungan Banjarmasin, Polri dan TNI, juga turun membantu proses evakuasi penumpang. (dky/dra)