oleh

Rumah Susun PUPR Kalsel 8 Lantai Segera Dibangun

BANJARMASIN, koranbanjar.net – Gedung terpadu berbentuk rumah susun untuk PUPR di Kalsel bakal dibangun Kementerian PUPR RI. Rencananya rumah susun dibangun 8 lantai di atas lahan 5 hektare di wilayah Banjarbaru, yang nantinya dihuni Kepala Balai dan ASN PUPR di Kalsel.

Kata Sekjen Kementerian PUPR RI Anita Firmanti Susetyowati, Menteri PUPR RI Basuki Hadimuljono meminta pembangunan gedung terpadu atau rumah dinas itu di tahun anggaran 2020 di Kalsel, dan segera dilaksanakan di awal 2020.

Rumah Susun PUPR Kalsel 8 Lantai Segera Dibangun
Rencana lokasi pembangunan rumah susun PUPR di wilayah Banjarbaru. (foto: istimewa)

 

Hal tersebut diungkapkan Anita Firmanti saat meninjau langsung beberapa lokasi bakal berdirinya rumah dinas, di halaman Kantor Balai Wilayah Sungai, Kecamatan Gambut, Senin (14/10/2019).

“Karena didesak pak Menteri untuk membangun rumah dinas, ini segera ditindaklanjuti, maka kami berkoordinasi dengan bidang Cipta Karya, Perumahan, dan Bina Marga,” ujar Anita usai meninjau lokasi di Basirih Trisakti, Banjarmasin.

Rumah Susun PUPR Kalsel 8 Lantai Segera Dibangun
Sekjen PUPR Anita Firmanti Susetyowati (tengah) saat mendengarkan penjelasan rancangan lokasi. (foto: agus/koranbanjar.net)

Kendati demikian, ia masih belum bisa memastikan tempat pastinya, karena masih meninjau lahan menggunakan drone, namun diakuinya lahan yang strategis di belakang kampus ULM Banjarbaru, di atas lahan 5 hektare.

“Rencananya nanti ada rusun kita bangun seperti rumah dinas untuk kantor terpadu. Setelah melihat beberapa lokasi, saya memantapkan akan membangun di Banjarbaru,” ungkapnya.

Rumah Susun PUPR Kalsel 8 Lantai Segera Dibangun

Ia menjelaskan, Kementerian PUPR ingin memberikan fasilitas sarana prasarana kepada pegawai PUPR di Kalsel.

“Jadi dalam jangka Panjang, kami menginginkan punya kantor terpadu. Semua unit PUPR berada dalam lokasi yang sama untuk pengendalian yang lebih baik,” ujarnya.

Lebih jauh ia memaparkan, pihaknya sudah menerapkan sistem yang memungkinkan seseorang tour of. “Jadi bisa di sini selama dua tahun kalau dia berprestasi mungkin dia diangkat lebih tinggi di tempat lain atau di tempat lebih luas jangkauan pengelolaanya,” kata Anita.

Disinggung mengenai anggaran ia mengakui, belum bisa memastikan dan karena masih tahap pembicaraan master plan dengan Balai Cipta Karya.

Sementara itu, Kasatker Satuan Non Vertikal Tertentu (SNVT) Penyediaan Perumahan Kalsel, M. Yastrib Tasim menyambut baik atas perintah Sekjen Kementerian PUPR tersebut.

“Ya, alhamdulillah kita sangat bersyukur, tahun 2020 akan dibangun rumah susun 8 tingkat untuk Balai PUPR,”ujarnya.

Terpisah, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Rumah Susun dan Khusus, Rezky Indra Kusuma menerangkan, hingga Selasa (15/10) Sekjen PUPR masih melakukan survei lokasi, prediksinya dipastikan di belakang Kampus ULM Banjarbaru.

“Hari ini kami meninjau lokasi, menentukan titik pembangunan rumah susun PUPR Kalsel tahun anggaran 2020 di Banjarbaru,” pungkasnya. (ags/dra)

Komentar

Berita Terkini