Ribuan Warga Martapura Bersama Pemerintah Menggelar Burdah Keliling, Minta Hujan

oleh -185 views
Ribuan Warga Martapura Bersama Pemerintah Menggelar Burdah Keliling, Minta Hujan
Jamaah Burdah Keliling saat memulai berkeliling membaca burdah bersama dimulai dari halaman Mahligai Sultan Adam, Senin (16/9/2019) malam, (foto: hendra/koranbanjar.net)

MARTAURA, koranbanjar.net – Pemrintah Kabupaten Banjar Banjar bersama ribuan warga Martapura menggelar Burdah Keliling, Senin (16/9/2019) malam. Melalui ritual Burdah Keliling ini diharapkan musim kemarau segera diakhiri dengan turunnya hujan.

Bupati Banjar KH Khalilurrahman serta kepala SKPD lingkup Kabupaten Banjar melepas jamaah Burdah Keliling bada isya. Turut hadir Ketua Sementara DPRD Banjar M Rofiqi.

Pembacaan Burdah Keliling dipimpin oleh Ustaz Supyan Sauri. Menggunakan pengerah suara, Ustaz Supian duduk di atas motor tossa diiringi ribuan warga Martapura dari anak-anak hingga dewasa, kebanyakannya dari kalangan santri.

Ribuan Warga Martapura Bersama Pemerintah Menggelar Burdah Keliling, Minta Hujan.
Jamaah Budrah Keliling saat berada di Jl. A Yani Martapura, Senin (16/9/2019) (foto: hendra/koranbanjar.net)

Pembacaan Burdah Keliling secara bersama-sama ini rutenya tidak terlalu panjang. Dimulai dari Mahligai Sultan Adam Martapura, menuju Jalan A Yani mengarah ke Masjid Al Karomah Martapura, kemudian memutar berkeliling menuju Mahligai Sultan Adam.

Sebelumnya, Bupati Banjar bersama jamaah menggelar salat Magrib dan Isya berjamaah di Mahligai Sultan Adam, sekaligus salat hajat minta hujan atau Istisqa.

Usai menggelar Burdah Keliling, semua berkumpul di halaman Mahlihai, Bupati Banjar kemudian memimpin doa minta hujan.

Ketua DPC Forum Komunikasi Da`i Muda Indonesia (FKDMI) Kabupaten Banjar Jam`ani mengungkapkan, kegiatan Burdah Keliling ini rutin dilaksanakan tiap tahun musim kemarau.

“Selain mengharap berkah dan cepat diturunkan hujan, kegiatan Burdah Keliling ini juga untuk melestarikan tradisi Islami,” ujar Jam`ani.

Baca juga: Ratusan Warga Martapura Gelar Burdah Keliling

Jamaah yang mengikuti Burdah Keliling ini tiap tahun makin bertambah. Jam`ani memperkirakan jamaah tahun ini mencapai 3 ribu.

“Kalau kita ahlussunnah khususnya bagi warga nahdiyin, burdah itu kan salawat dan salawat itu ‘pendingin’, sementara banyak terjadi kebakaran rumah dan lahan, jadi diharapkan dengan membaca burdah semoga Allah menurunkan rahmat di daerah kita,” pungkasnya. (dra)

Jasa Karangan Bunga di Kalimantan Selatan