oleh

PSU Kampung Kadayang: Petahana Bertahan, Prabowo-Sandi Menurun

HULU SUNGAI SELATAN, KORANBANJAR.NET – Pemungutan suara ulang (PSU) di TPS 3 Kampung Kadayang, Desa Haratai, Kecamatan Loksado, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), akhirnya dilaksanakan, Sabtu (27/4/2019), pukul 09.00 WITA.

PSU tersebut diikuti 109 orang pemilih. Jika dibandingkan dengan jumlah kehadiran masyarakat pada pemilu serentak pada 17 April lalu, pemilih yang hadir dalam PSU ini mengalami penurunan jumlah sebanyak 20 orang.

Berdasarkan catatan koranbanjar.net, dari 177 pemilih yang termasuk dalam daftar pemilih tetap (DPT) di TPS 3 Kampung Kadayang, pemilu 17 April lalu dihadiri 129 pemilih, terdiri dari 125 pemilih DPT, dan orang 4 pemilih dari daftar pemilih khusus (DPK). Sedangkan PSU pada hari Sabtu itu hanya dihadiri 109 pemilih.

Sedangkan untuk hasil perolehan suara pilpres pada PSU itu dimenangkan oleh pasangan capres Jokowi-Ma’ruf, dengan perolehan 60 suara, dan pasangan capres Prabowo-Sandi mendapat 48 suara.

Hasil tersebut berbeda dari perolehan suara dalam pemilu pada 17 April lalu yang dimenangkan pasangan capres Prabowo-Sandi dengan perolehan 65 suara, dan Jokowi-Ma’ruf 60 suara.

Menariknya, PSU di TPS 3 Kampung Kadayang itu turut dipantau langsung seluruh Komisioner KPUD HSS, Bawaslu HSS, KPU Kalsel, Bawaslu Kalsel, serta diamankan sejumlah anggota TNI dan aparat kepolisian setempat. Bahkan Kapolres HSS, Dedy Eka Jaya, dan mantan Ketua Bawaslu Kalsel, Iwan Setiawan pun juga hadir di PSU TPS 3 tersebut.

Ketua KPUD HSS, Nida Guslaili Rahmadina (jas hujan pink), memantau langsung pembungkusan kotak suara sebelum diangkut kembali menuju Kantor Kecamatan Loksado. (foto: yat/koranbanjar.net)

Ketua KPUD HSS, Nida Guslaili Rahmadina mengatakan hujan yang sempat turun tidak menyurutkan semangat penyelenggara PSU. Masyakarakat yang berhadir pun cukup antusiasme mengikuti PSU.

“TNI dan Polri turut mengamankan proses pelaksanaan dari awal hingga selesai. Saat ini sudah ada lima kotak suara dihitung dan sudah dimuat di C1. Selanjutnya akan dilaksanakan rekap di tingkat kecamatan,” ujarnya saat ditemui koranbanjar.net di TPS 3 Kampung Kadayang, Sabtu sore itu.

Setelah semua surat suara dan logistik pemilu diangkut kembali dari TPS 3 Kampung Kadayang, rapat pleno langsung dilakukan di Kantor Kecamatan Loksado pada pukul 22.00 WITA, Sabtu malam.

Dari pantauan, meski petugas penyelenggara harus berjibaku menuju Kampung Kadayang dengan medan jalanan yang berat karena licin akibat hujan, namun pemungutan suara ulang di TPS 3 Kampung Kadyang itu berjalan dengan lancar.

Diberitakan koranbanjar.net sebelumnya, diulangnya pemilu di TPS 3 Kampung Kadayang tersebut berdasarkan rekomendasi Bawaslu HSS dalam menyikapi kekeliruan data DPT dari KPPS TPS 3. (yat/dny)

Komentar

Berita Terkini