oleh

Pembukaan Harjad Kabupaten Banjar ke-69 Berlangsung Meriah

MARTAPURA, koranbanjar.net – Peringatan Hari Jadi (Harjad) Kabupaten Banjar ke-69 berjalan lancar dan meriah, Kamis (22/8/2019). Pada kesempatan itu Bupati Banjar KH Khalilurrahman membeberkan semua pencapaiannya dalam empat tahun lebih ia memimpin kabupaten yang berjuluk Serambi Mekkah ini.

Acara pembukaan Harjad Kabupaten Banjar ke-69 ditandai dengan tari sinoman hadrah menyambut kedatangan Gubernur Kalsel serta Bupati dan Wakil Bupati Banjar.

Usai menyanyikan lagu Indonesia Raya, Mars Martapura dan Mars Bergerak, acara dilanjutkan pembacaan ayat suci Alquran dari qori dari Ahmad Zairaji dan ditutup dengan pembacaan doa oleh Pimpinan Ponpes Darussalam Martapura KH Hasanuddin.

Baca: Tiga Lomba Penganan Dari Tiga Instansi

Kemudian laporan panitia pelaksana oleh Sekda Banjar H Mokhamad Hilman, dan dilanjutkan penayangan selayang pandang pembangunan Kabupaten Banjar periode kepemimpinan KH Khalilurrahman dan H Saidi Mansyur.

Selanjutnya penandatangan kesepakatan bersama dan prasasti proyek pembangunan di Kabupaten Banjar serta penyerahan berbagai penghargaan oleh Bupati Banjar. Dari sekian banyak penghargaan, di antaranya pemberian piagam penghargaan kepada Badan Pendapatan Daerah (Bapeda) Kabupaten Banjar sebagai perangkat daerah pemungut wajib pajak dan pejabat pembuat akta tanah di Kabupaten Banjar atas capaian penerimaan pajak daerah dan retribusi daerah tahun 2018, sesuai SK Bupati Banjar Nomor 188.45/474/Kum/2019.

Harjad Kabupaten Banjar ke-69
Penandatanganan prasasti pembangunan di Kabupaten Banjar dalam acara pembukaan Harjad Kabupaten Banjar ke-69, Kamis (22/8/2019) foto: istimewa

Bupati Banjar mengatakan, tema Peringatan Hari Jadi ke-69 Kabupaten Banjar Tahun 2019 ini ‘Bekerja Bersama dan Berinovasi’. Tema ini, lanjut bupati, sangat tepat dan relevan dengan kebutuhan kami untuk senantiasa bekerja keras secara bersama-sama dalam menyukseskan seluruh program pembangunan di Kabupaten Banjar.

Baca: Grup Sinoman Hadrah Al Fata Juara se-Kabupaten Banjar

“Melalui tema ini, mari kita kembangkan semangat untuk terus berinovasi, sehingga dengan berinovasi masyarakat akan mendapatkan pelayanan yang lebih baik dan lebih nyaman,” ungkapnya saat sambutan.

Selama 4 tahun lebih memimpin Kabupaten Banjar, kata bupati yang kerap disapa Guru Khalil ini, beragam program pembangunan telah dilaksanakan. Namun demikian, katanya lagi, selama kurun waktu tersebut masih terdapat pekerjaan yang akan terus kami laksanakan.

“Di usia ke-69 tahun ini, Pemerintah Kabupaten Banjar telah merencanakan pembangunan berkelanjutan, yakni pembenahan dan percepatan pembangunan fisik, beberapa di antaranya kini sudah sedang dan akan dalam tahap pengerjaan,” tuturnya.

Usai acara pembukaan, Bupati Banjar menegaskan, Harjad ke-69 Kabupaten Banjar ini sebagai bentuk rasa syukur karena banyak prestasi yang telah dicapai.

“Alhamdulillah banyak prestasi yang kita capai baik dari provinsi hingga nasional untuk keberhasilan kita. Kalau pejuang kita dahulu berdarah-darah meraih kemerdekaan, tugas kita kini adalah mengisi mengisi kemerdekaan,” tandas Bupati Banjar.

Baca: Kemasan Produk Olahan Pangan IKM Dilombakan Di Kabupaten Banjar

Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor mengucapkan selamat hari jadi Kabupaten Banjar yang ke-69. Ia berharap warga Kabupaten Banjar semakin sejahtera dan semakin rukun dan damai serta semakin bisa bekerjasama dengan pemerintah untuk memajukan banua.

Gubernur juga memuji berbagai prestasi yang diraih Kabupaten Banjar selama ini. Hal itu menurutnya, menunjukkan hasil kerja yang dilakukan bupati dan wakil serta jajaran.

“Tentu ini perlu dipertahankan, dan kalau perlu ditingkatkan. Karena seperti kita tahu pasti ada masyarakat kita yang belum beruntung seperti jalan-jalan di kampung yang belum beres, ini yang kita lakukan,” imbuh gubernur yang kerap disapa Paman Birin ini.

Usai sambutan, acara dilanjutkan dengan penampilan madihin dari Sanggar Ar-Rumi Institut Darussalam Martapur. Penampilan Gazali Rumi Cs ini cukup menghibur ratusan para tamu undangan. Sementara penampilan penutup adalah hajir marawis.

Di luar area acara, terdapat Festival Kuliner Khas Banjar yang berjejer di Jl. Pangeran Hidayatullah Martapura atau depan Mahligai Sultan Adam. Berbagai kuliner khas dipamerkan mulai kudapan, makanan ringan hingga makanan berat, untuk memeriahkan Harjad Kabupaten Banjar.

Pada pembukaan Harjad Kabupaten Banjar ke-69 itu dihadiri pejabat Pemerintah Provinsi Kalsel dan pejabat pemerintah Kabupaten/Kota se-Kalsel, Forkopimda serta jajaran, pimpinan instansi dan perusaan. (dra)

Komentar

Dari Rubrik Pilihan: