oleh

Tiga Lomba Penganan Dari Tiga Instansi

MARTAPURA, koranbanjar.net – Tiga instansi di lingkup Pemkab Banjar mengadakan festival pangan lokal dalam satu tempat secara bersamaan, Kamis (15/8/2019) tadi di halaman kantor Bupati Banjar Jl A Yani Km 40 Martapura.

Tiga lomba kuliner yang dilaksanakan terdiri Lomba Kue Tradisional khas Banjar dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Banjar, lomba pangan lokal Beragam Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA) oleh Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Banjar, lomba Kudapan Ikan diselenggarakan Dinas Perikanan Kabupaten Banjar.

Kegiatan lomba menampilkan makanan sehari-hari ini merupakan rangkaian memperingati Hari Jadi ke-69 Kabupaten Banjar, Hari Jadi ke-69 Provinsi Kalimantan Selatan dan Dirgahayu ke-74 Proklamasi Kemerdekaan RI. Dibuka langsung dengan resmi Bupati Banjar H Khalilurrahman.

Dikonfirmasi koranbanjar.net selesai membuka resmi dan meninjau para peserta lomba bersama dengan Ketua TP PKK Hj Raudhatl Wardiyah, Forkopimda Kabupaten Banjar dan jajaran undangan, Bupati Khalilurrahman mengatakan, lomba diadakan ini sangat bagus karena menampilkan penganan khas lokal, seperti kudapan ikan, kudapan umbi-umbian, kue khas Banjar.

“Potensi orang Kabupaten Banjar, Martapura itu sudah sangat dikenal sejak dulu dalam hal masakan maupun pengolah kue tradisional atau khas Banjar. Kalau tidak orang Martapura atau orang turunan Martapura yang tinggal di daerah lain,” terang Bupati Banjar.

Kepala Disbudpar Kabupaten Banjar Haris Rifani mengatakan, dilombakannya kue khas Banjar adalah bagian pelestarian penganan lokal. Ada beberapa kue tradisional yang mudah dan dan jarang dijumpai di masa sekarang. Melalui lomba maka masyarakat terutama generasi baru akan semakin diperkenalkan dan diingatkan akan keberadaan kue-kue khas daerahnya.

“Apalagi sampai tidak tahu nama-nama kue khas Banjar semisal bingka, bingka berandam, amparan tatak, petah, babongko dan sebagainya,” ucap dia. (dya)

Komentar

Berita Terkini