oleh

Negatif Hasil Rapid Tes Ratusan Pedagang Pasar Paringin

Langkah tanggap dan cepat pencegahan dan penanganan wabah Covid-19 di Kabupaten Balangan terus dilakukan. Tim Gugus Covid-19 Balangan rapid tes terhadap para pedagang. Negatif hasil rapid tes ratusan pedagang di Pasar Paringin, Senin (18/5/2020).

PARINGIN,koranbanjar.net – Rapit tes massal yang dilakukan bertepatan hari pasar di Pasar Paringin, ini bertujuan melakukan pencegahan dini penyebaran pandemi Covid-19. Diprioritaskan kepada para pedagang yang berasal dari luar Balangan.

Puluhan petugas medis mendatangi para pedagang yang ada di pasar. Secara bergantian, para pedagang dicek menggunakan rapid tes dengan pengambilan sampel darah di bagian jari.

Juru Bicara Tim Gugus Tugas Covid 19 Kabupaten Balangan, Erwan Mega Karya Latif menerangkan, pelaksanaan rapid test mengikuti wilayah tetangga yang didominasi kenaikan pada penyebaran Covid-19. Sebagaimana di Banjarmasin saat melakukan pelaksanaan rapid test, di pasar ada banyak dinyatakan reaktif.

“Namun, di Pasar Paringin, dari 274 orang yang kita lakukan rapid tes, alhamdulillah semuanya dengan hasil Non Reaktif atau NR,” bebernya.

 

Baca juga;

Seandainya tadi dalam rapid test ada reaktif, menurut Erwan, pihaknya akan melarang pedagang untuk berjualan di Pasar Paringin sementara waktu. Selain itu hal utama dilakukan adalah berkoordinasi wilayah tempat tinggal bersangkutan.

Selain itu, pihaknya lanjut Erwan, juga akan melakukan rapid tes kepada jajaran aparatur sipil negara (ASN) yang keluar masuk wilayah Kabupaten Balangan, serta juga direncanakan pasar-pasar pada kecamatan. (pit/dya)

Komentar

Dari Rubrik Pilihan: