Berita UtamaKota Banjarmasin
Trending

MUI dan Kemenkes Hasilkan 4 Kesepakatan untuk Imunisasi MR

BANJARMASIN, KORANBANJAR.NET – Pertemuan antara Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat dengan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI dalam rangka membahas kehalalan vaksin Maesles dan Rubella (MR), telah dilaksanakan di Kantor MUI Pusat, Jalan Proklamasi, Jakarta, Jumat (3/8).

Berdasarkan press realease MUI yang diperoleh koranbanjar.net dari MUI Kalsel pada hari Selasa (7/8) kemarin, pertemuan tersebut menghasilkan 4 kesepakatan penting terkait Imunisasi MR.

Pertama, importir vaksin MR produksi Serum Institut of India (SII), yakni Menteri Kesehatan (Menkes) RI dan Direktur Utama PT Biofarma, berkomitmen untuk segera mengajukan sertifikasi halal atas produk vaksin tersebut dan mengajukan permohonan fatwa terkait pelaksanaan Imunisasi MR.

Kedua, atas nama negara Indonesia, Menkes RI mengirim surat kepada SII untuk meminta dokumen terkait bahan-bahan yang digunakan dalam produksi vaksin MR dan akses untuk auditing guna pemeriksaan kehalalan.

BACA JUGA  Ustad Wahyudi "Tantang" Jokowi agar Kirimkan Bantuan Militer ke Cina

Ketiga, atas permintaan Kemenkes RI, Komisi Fatwa MUI akan segera membahas dan menetapkan fatwa tentang Imunisasi MR dengan menggunakan vaksin MR produk SII dalam waktu secepatnya.

Kesepakatan terakhir, Kemenkes RI sepakat untuk menunda pelaksanaan Imunisasi MR bagi masyarakat muslim hingga ada kejelasan terkait hasil pemeriksaan dari produsen dan penetapan fatwa MUI terhadap imunisasi tersebut.

Sementara untuk masyarakat yang tidak memiliki keterikatan dengan kehalalan atau kebolehan secara syar’i, dipersilakan tetap melaksanakan Imunisasi MR.

Pertemuan ini sengaja diinisiasi oleh kedua belah pihak sebagai komitmen untuk menjamin kesehatan masyarakat serta hak beragama. (leo/dny)

Tags

Radio STAR FM
The Spirit of Banjarbaru. Hanya di 90.5 FM

Info Bisnis Kalimantan
Berita seputar bisnis dan ekonomi di Kalimantan terkini.

TandaPetik.Com - Media Komunitas
Gabung sekarang juga. Tuliskan ide, opini dan pengalamanmu.

IKLAN BARIS ONLINE MURAH
Hub. 081348024288 | 0821159171296
KORANBANJAR.NET

Baca Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close