Mendekatkan Diri Kepada Allah Melalui Ziarah Kubro

oleh -122 views
Buyut Habib Basirih, Habib Fathurrachman Bahasyim memberikan tausiyah kepada peserta ziarah di Makam Surgi Mufti Sungai Jingah (foto: leon/koranbanjar.net)

BANJARMASIN, KORANBANJAR.NET – Ziarah Kubro Susur Sungai merupakan salah satu wasilah mendekatkan diri kepada Allah SWT dengan meminta berkah para Aulia (Wali Allah) yang diziarahi.

Hal tersebut disampaikan Buyut Habib Hamid Bin Abbas Bahasyim (Habib Basirih), Habib Fathurrachman Bahasyim, saat memimpin ziarah ke makam Syekh Jamaluddin Al Banjari atau yang lebih dikenal Tuan Surgi Mufti di Sungai Jingah, Rabu (3/4).

“Selain sebagai washilah untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT, ziarah ini juga menambah kecintaan kepada para wali Allah, sekaligus memperkenalkan sejarah serta mempererat silaturahmi antar umat Islam se-Kalimantan,” ujarnya.

Pada acara Ziarah Kubro kali ini, peserta yang datang mengalami sedikit penurunan dari segi jumlah dibandingkan pelaksanaan tahun lalu.

Hal tersebut, katanya, disebabkan adanya perubahan nama kegiatan yang dulunya Ziarah Kubro Susur Sungai dan sekarang menjadi Festival Basirih.

“Banyak yang mengira ini hanya kegiatan Festival Basirih saja, padahal Ziarah Kubro Susur Sungai ada didalamnya dengan penambahan berbagai macam kegiatan,” katanya.

Kegiatan kali ini diikuti kurang lebih 400 peserta ziarah yang datang dari berbagai wilayah di Kalimantan.

Selain peserta dari dalam kota dan Hulu Sungai, juga ada yang jauh dari luar Kalimantan Selatan (Kalsel), seperti dari Samarinda, Balikpapan, Palangkaraya dan Berau.

Ia menambahkan, rute ziarah dimulai dari Kubah Habib Hamid Bin Abbas Bahasyim di Kampung Keramat Basirih menuju makam Pangeran Sultan Suriansyah di Kampung Kuin.

“Dari Kampung Kuin, peserta diberangkatkan menuju Kubah Syekh Jamaluddin Al Banjari (Surgi Mufti) di Sungai Jingah. Seluruh perjalanan dilakukan menggunakan klotok,” tambahnya.

Ziarah Kubro Susur Sungai merupakan salah satu kegiatan dari rangkaian Festival Basirih, dimana sebelumnya ada lomba mewarnai anak-anak, Hadrah Senoman, wisata kuliner dan Maulid.

Acara tersebut terselenggara atas kerja sama Keluarga Besar Habib Hamid Bin Abbas Bahasyim dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Banjarmasin yang didukung Bank Kalsel Syariah dan PT Barito Perkasa Travel. (al/ndi)

Jasa Karangan Bunga di Kalimantan Selatan