oleh

Keberangkatan Calon Haji Gelombang Terakhir Terancam Closing Date

BANJARMASIN, KORANBANJAR.NET – Penambahan kuota calon jamaah haji Indonesia sebanyak 10 ribu orang berbuntut kekhawatiran pada keberangkatan gelombang terakhir. Pasalnya, keberangkatan gelombang terakhir terancam terlambat atau bahkan tak bisa mendarat karena closing date di Jeddah dijadwalkan pada 5 Agustus mendatang.

Kekhawatiran tersebut membuat Kanwil Kemenag Kalsel harus memutar otak. Mereka terpaksa harus mengatur ulang jadwal keberangkan dari gelombang pertama agar seluruh jamaah haji bisa mendarat sebelum closing date di Jeddah.

Kasi Pendaftaran dan Dokumen Haji Kanwil Kemenag Kalsel, Firman. (foto: agus hasanudin/koranbanjar.net)

“Kalau sudah closing date maka tidak ada penerbangan yang boleh masuk selain maskapai milik Saudi Arabia. Jadi keberangkatan dari kloter pertama memang mungkin akan dipercepat agar terhindar dari jadwal closing date,” ujar Kepala Seksi (Kasi) Pendaftaran dan Dokumen Haji Kanwil Kemenag Kalsel, Firman, saat ditemui koranbanjar.net di kantornya, Senin (19/6/2019) siang.

Penambahan kuota haji sebanyak 10 ribu kursi dari Pemerintahan Arab Saudi untuk Indonesia tahun ini dibagi ke sejumlah provinsi. Kalsel mendapat jatah 324 kursi. Jatah tersebut termasuk untuk calon jamaah haji di Provinsi Kalteng yang penerbangannya masuk embarkasi Banjarmasin. Artinya dengan jatah 324 kursi, saa ini Kalsel memiliki tambahan dua kloter haji yang harus diberangkatkan.

“Kalau kuota haji di Kalsel sesuai KMA (Keputusan Menteri Agama) 2019 setiap tahunnya itu ada 3.831 orang, karena tahun ini Kalsel mendapat jatah kuota 324 dari 10 ribu penambahan kuota se Indonesia, maka totalnya jadi 4.155 orang,” paparnya.

Firman mengatakan sejak diverifiakasi pada 10 Mei lalu, penambahan kuota 10 ribu tersebut masih tersisa 1.144 kursi se Indonesia. Sedangkan untuk Kalsel, masih tersisa 54 kursi.

“Kalau 54 itu terpenuhi maka jumlah calon haji di Kalsel genap 4.155 yang akan berangkat,” tandasnya.

Keberangkatan kloter pertama nasional tahun ini dimulai pada 6 Juli mendatang. Untuk jamaah calon haji dari Kalsel, kloter pertama diberangkatkan pada 9 Juli. (ags/dny)

Komentar

Jangan Lewatkan